Ketua MPR Minta Aksi 299 Tiru Ketertiban Aksi 212

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Aksi massa menolak kebangkitan PKI dan Perppu Ormas akan digelar pada Jumat 29 September 2017 atau disebut dengan aksi 299. Salah satu lokasi tujuan aksi adalah gedung Dewan Perwakilan Rakyat.

Keturunan PKI Boleh Masuk TNI, Begini Penjelasan Jenderal Andika Perkasa

Menyikapi aksi massa siang nanti, Ketua MPR Zulkifli Hasan berharap aksi berjalan baik dan tertib dalam menyampaikan tuntutan.

"Intinya aspirasi bisa sampai dan tidak mengganggu ketertiban orang lain. Menyampaikan aspirasi itu hak konstitusional semua warga negara," ujar Zulkifli, dalam keterangan tertulisnya, Jumat 29 September 2017.

Mahfud MD Tegaskan Presiden Jokowi Tidak Pernah Meminta Maaf ke PKI

Umat muslim Tanah Air, dinilai sudah berpengalaman dalam aksi-aksi massa yang jumlahnya sangat besar. Tak hanya mobilisasi massa yang besar, menurut Zulkifli, sejarahnya aksi ratusan ribu hingga jutaan massa, bisa berlangsung damai dan tertib.

"Kita sudah teruji dengan aksi sebelumnya kan, aksi 212 (2 Desember 2016), aksi 411 (4 November 2016), dan lainnya, yang walaupun banyak, tapi tetap damai. Semoga begitu juga dengan aksi 299," tutur ketua umum PAN ini.

William Liddle: Partai Politik Tak Sumbangkan Banyak Kesejahteraan RI

Di sisi lain, ia berharap masyarakat tak panik dengan tetap melakukan aktivitas seperti biasa. Maka semua harus saling menghargai, baik dari pihak peserta aksi maupun masyarakat umum.

"Mari saling menghargai, yang mau aksi silakan. Yang tidak, ya jangan diganggu. Intinya tetap jaga persatuan," ujar Zulkifli.

Jepretan layar (screenshot) sebuah unggahan Youtube yang mengklaim Anies Baswedan didukung oleh PKI disertai foto Kapolri Listyo Sigit Prabowo tengah menunjukkan bukti video dukungan PKI kepada Anies.

Cek Fakta: Video PKI Dukung Anies

Sebuah unggahan Youtube mengklaim Anies Baswedan didukung oleh PKI disertai foto Kapolri Listyo Sigit Prabowo tengah menunjukkan bukti video dukungan PKI kepada Anies.

img_title
VIVA.co.id
30 Agustus 2023