Khofifah atau Gus Ipul, NU: Nahdliyin Bebas Memilih

Ketua NU Jatim, Hasan Mutawakkil Alallah, di Masjid Al Akbar Surabaya
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 dipastikan mempertemukan dua calon kuat yang sama-sama kader Nahdlatul Ulama, yakni Khofifah Indar Parawansa dan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Ketua NU Jatim, Hasan Mutawakkil Alallah menegaskan, bahwa NU membebaskan nahdliyin memutuskan pilihan politiknya.

"Karena ada dua calon dari NU, yakni Gus Ipul dan Khofifah, saya harapkan kepada semua masyarakat Jawa Timur, khususnya warga NU, silakan gunakan hak pilihnya sesuai hati nurani masing-masing," kata Mutawakkil ditemui seusai pembukaan Lomba Dai-Daiyah di Masjid Al Akbar Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa, 17 Oktober 2017.

Pendeta Gilbert Olok-olok Salat dan Zakat, PBNU: Kami Umat Islam Diajarkan untuk Menahan Emosi

Sebagai Ketua NU, Mutawakkil mengaku tidak berani secara kelembagaan mengeluarkan instruksi ke pengurus NU di bawah untuk memilih calon tertentu. "Tetapi kalau ada kiai yang mewajibkan santrinya agar sama dengan pilihan beliau, itu hak politik beliau-beliau," ujarnya.

Mutawakkil tidak mempersoalkan Khofifah maju, kendati, kata dia, mayoritas kiai di Jatim menginginkan Gus Ipul sebagai calon dari NU. Dia tidak melihat adanya kiai yang mendukung Khofifah sebagai bentuk perpecahan di tubuh NU. Menurutnya, itu hak politik individu masing-masing warga negara, termasuk warga NU.

Profil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor yang Jadi Tersangka Korupsi Pemotongan Insentif

"Silakan berkompetisi, tetapi jangan sampai kompetisi politik itu merusak ukhuwah (persaudaraan) di NU, apalagi merusak ukhuwah Islamiyah atau bahkan ukhuwah wathaniyah," ujarnya berharap.

"Lakukanlah kontestasi ini dengan etika."

Tetapi Mutawakkil mengingatkan agar Khofifah dan Gus Ipul sama-sama menaati AD/ART NU ketika resmi berkontestasi di Pilgub Jatim nanti. Keduanya harus melepas jabatan di struktur NU. Itu juga berlaku kepada tim sukses keduanya. "Harus cuti dulu," ujar Pengasuh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo tersebut.

Seperti diketahui, Gus Ipul telah resmi diusung PDI Perjuangan dan PKB sebagai calon Gubernur Jatim, berpasangan dengan Abdullah Azwar Anas, kini Bupati Banyuwangi. Sedangkan Khofifah disebut-sebut akan diusung oleh koalisi Golkar-Nasdem-Demokrat. Di NU, Khofifah adalah Ketua Umum Muslimat, sementara Gus Ipul salah satu Ketua PB NU. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya