PPP Munculkan Nama AHY Jadi Pendamping Khofifah

Agus Harimurti Yudhoyono dan Annisa Pohan dalam konferensi pers di Wisma Proklamasi Jakarta, Rabu malam (15/2/2017).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kemungkinan besar akan mengusung Khofifah Indar Parawansa sebagai bakal calon gubernur di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Untuk pendampingnya, PPP memunculkan nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai bakal cawagub Khofifah.

Gerindra Tak Masalah PDIP Gabung Usung Khofifah di Pilgub Jatim, Ada Tapinya

"Kita sebagian besar ke Mbak Khofifah karena Mbak Khofifah mendaftar di DPP," kata Wakil Sekjen Ahmad Baidowi di gedung DPR, Jakarta, Kamis 19 Oktober 2017.

Ia menjelaskan alasan lebih condong mendukung Khofifah, meskipun Gus Ipul juga mendaftar sebagai calon ke PPP. Menurut dia, Gus Ipul telah menyatakan berpasangan dengan Abdullah Azwar Anas tanpa melibatkan PPP.

Tepis Isu Cak Imin Maju di Pilgub Jatim, Elite PKB Sebut Ada Tempat yang Lebih Mulia

"Kami sebagai parpol tentu saja akan mengusung calon yang masih membutuhkan rembukan dengan PPP. PPP di Jawa Timur tidak hanya sebagai pelengkap dan penderita tetapi benar-benar terlibat secara maksimal dalam penyusunan kekuatan koalisi termasuk calon-calon yamg mau digandeng oleh mbak Khofifah," ujar Baidowi menambahkan.

Selain AHY, sebenarnya PPP punya nama kader internal seperti Musyafa Nur. Untuk nama AHY, dimunculkan karena dinilai bisa mewakili generasi milenial.

Masih Digodok, PKB Ogah Bocorkan Kandidat yang Bakal Diusung di Pilgub Jatim

"Maka calon mbak Khofifah itu harusnya yang bisa menyaingi elektabilitas Azwar Anas. Misalnya Agus Harimurti Yudhoyono. kalau beliau berkenan menarik gitu loh. kalau pembacaan dari PPP sekarang yang layak untuk wakil khofifah, selain dari internal kami menyodorkan Musyafa Nur," lanjut Baidowi.

Menurutnya, Musyafa maupun AHY cukup populer di Jawa Timur. Meski begitu, ia masih belum mengetahui apakah memang AHY berkenan untuk diusung bersama Khofifah. "Ya enggak tau. Makanya kan baru kita tawarkan. Persoalan mau tidak mau ya itu kembali persoalan masing-masing." (mus) 
    

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Airlangga Tugaskan RK Maju Pilkada Jakarta, Bobby di Sumut dan Khofifah Jatim

Nama Ridwan Kamil alias RK jadi calon kuat yang akan digadang-gadang sebagai bakal cagub Golkar untuk Pilkada Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024