Jika Gandeng AHY Jadi Wapres, Jokowi Diprediksi Menang Telak

Agus Harimurti Yuhoyono silaturahmi dengan Presiden Jokowi di Istana Negara
Sumber :
  • VIVA.co.id/Istimewa

VIVA – Nama Presiden Jokowi yang kuat diprediksi mencalonkan diri kembali pada Pemilu 2019. Isu sukesi ini membuat sejumlah tokoh publik muncul untuk menawarkan pendamping Jokowi sebagai calon wakil presiden.

Pakai Sarung dan Peci, AHY Sowan ke Rais Aam PBNU

Survei nasional yang diadakan Roda Tiga Konsultan terkait opini publik tentang kepemimpinan nasional, menyebutkan Putra Sulung Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono sebagai calon potensial untuk berduet dengan Jokowi.

Survei tersebut melakukan simulasi terhadap Jokowi - AHY dan menunjukkan hasil 37,4 persen suara dari 2.600 responden yang dimintai pendapatnya dengan metode stratified random sampling.

Emil Dardak Bicara 'Kuda Hitam' AHY dan Nasib Demokrat pada 2024

"Kalau dilihat dari angka sejauh ini ya memang kalau Jokowi dengan AHY dia lebih tinggi dibandingkan dia misalnya dengan Puan atau Gatot," kata Direktur Riset Rida Tiga Konsultan, Rikola Fedri dalam sebuah diskusi di Kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu 22 Oktober 2017.

Rikola mengatakan, hasil terhadap Jokowi memang selalu unggul bila dipasangkan dengan siapa pun cawapresnya.  Andaikan berduet dengan Puan Maharani, Jokowi unggul di kisaran 32 persen suara bila berhadapan dengan pasangan  Prabowo - Gatot 28,3 persen, Prabowo - Anies 27,7 persen, Prabowo - AHY 29 persen.

Demokrat NTT Mulai Gaungkan AHY Jadi Calon Presiden 2024

Dan metode yang sama, bila Jokowi diduetkan dengan Gatot hanya memperoleh di kisaran 34,5 persen. Artinya, jika pendamping Jokowi dantara Puan dan Gatot, hasilnya tidak sesignifikan AHY yang mampu perolehan survei lebih tinggi. "Jika Jokowi - AHY, selisih antara Jokowi dengan Prabowo sekitar 10,5 persen," kata dia.

Survei memang menunjukkan, bahwa AHY lebih menonjol lantaran popularitasnya karena menampilkan gaya anak muda dan fisiknya yang gagah. Pada tingkat popularitas AHY mendapatkan 66,9 persen dan tingkat kesukaan 43 persen.  AHY juga  mendapatkan elektabilitas sebesar 3,9 persen apabila pemilihan presiden dilakukan hari ini. (mus)

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menikmati malam Minggu (malming) bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Tunjungan Plaza Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu malam, 20 Februari 2022.

AHY Ungkap Ternyata Wali Kota Surabaya Teman Sekelasnya Kuliah Doktor

AHY menikmati malam Minggu bersama Wali Kota Surabaya di Tunjungan Plaza Surabaya. Di sana, keduanya dan rombongan menikmatik kuliner khas Surabaya.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2022