Politikus Golkar: Setya Novanto Negarawan, Pasti akan Hadir

Setya Novanto.
Setya Novanto.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA - Anggota Mahkamah Kehormatan Dewan dari Fraksi Partai Golkar di DPR, Adies Kadir, mengatakan belum ada desakan ke MKD dari berbagai pihak agar Ketua DPR Setya Novanto, yang tersangkut kasus korupsi proyek e-KTP sebagai tersangka, mundur dari jabatannya.

"Belum ada, belum ada," kata Adies di Gedung DPR, Jakarta, Kamis, 16 November 2017.

Ia mengatakan semua pihak tak boleh menjustifikasi Novanto melanggar etika. Sebab, MKD juga belum meneliti kasus Novanto.

"Di MKD itu, kalau kita mau menjudge pertama memang harus ada laporan atau tidak ada laporan dan kemudian harus diverifikasi. Setelah diverifikasi bisa diteruskan apa tidak untuk dilakukan persidangan atau tidak, ini kan belum ada pembicaraan sama sekali," kata Adies.

Saat ditanya apakah ada desakan dari fraksi di luar Golkar agar persoalan Novanto segera disidangkan, ia mengatakan hingga kini masih belum ada. Ia menambahkan pencopotan Ketua DPR harus memenuhi syarat mengundurkan diri, berhalangan tetap, dan sakit.

"Kemudian terkait kasus hukum yang sudah berkekuatan hukum tetap," kata Adies.

Ia mengatakan hingga kini fraksi Golkar juga belum melakukan pembicaraan soal kemungkinan pergantian Ketua Umum Golkar. Di MKD pun persoalan Novanto ini masih akan dibicarakan.