Soesatyo dan Agus Disebut Calon Ketua DPR Direstui Jokowi

Sidang Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Calon pengganti Setya Novanto sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat diyakini pastilah kader Partai Golkar yang telah direstui Presiden. Analisis itu didasarkan pengalaman persaingan calon ketua umum Golkar dalam setiap penyelenggaraan Musyawarah Nasional.

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

"Terbukti, dalam pertarungan di Munas Golkar yang, katanya, didukung Presiden yang menang," kata Direkrut Eksekutif Charta Politik, Yunarto Wijaya, saat ditemui wartawan di kantor Indonesia Corruption Watch di Jakarta pada Selasa, 21 November 2017.

Yunarto menganalisis satu per satu di antara empat sosok legislator Partai Golkar yang disebut-sebut sebagai kandidat pengganti Novanto, yakni Zainuddin Amali, Azis Syamsudin, Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Bambang Soesatyo.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Dua nama pertama, Yunarto meyakini, kecil kemungkinan direstui Presiden. Soalnya Zainuddin Amali dikenal cukup dekat dengan Jusuf Kalla, mantan ketua umum Partai Golkar dan kini Wakil Presiden; sementara Azis Syamsudin dianggap perpanjangan tangan Novanto.

"Gaya berpolitik Jokowi, dia akan memunculkan nama ketiga sosok yang dianggap tak berafiliasi kuat dengan faksi-faksi utama Partai Golkar," katanya, merujuk profil Agus Gumiwang Kartasasmita atau Bambang Soesatyo. Kedua sosok itu kini menjabat Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPR dan Ketua Komisi III DPR. (ase)

Sebut Jokowi Intervensi Kasus e-KTP, Agus Rahardjo Diadukan ke Bareskrim
Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024