Pilih Jadi Pendamping Khofifah, PDIP Siap Pecat Emil Dardak

Golkar Usung Khofifah-Emil Dardak (kanan).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA – Elite PDI Perjuangan tak bisa menyembunyikan kekecewaan karena pilihan kadernya, Emil Dardak, yang menerima menjadi pasangan Khofifah Indar Parawansa di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Ketua Bidang Kehormatan PDIP Komarudin Watubun mengatakan partainya siap memecat Emil Dardak.
 
"Nanti kalau sudah resmi mendaftar di KPU, maka partai harus sudah segera memecatnya," kata Komarudin di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 23 November 2017.

Gerindra Tak Masalah PDIP Gabung Usung Khofifah di Pilgub Jatim, Ada Tapinya

Komarudin mengakui saat di pendidikan politik PDIP, dia melihat Emil sebagai kader muda yang berpotensi. Dari pendidikan itulah kemudian Emil menjadi kader partai berlambang banteng itu.

"Dia sudah resmi punya KTA dan resmi jadi kader karena proses pendidikan tersebut," ujar Komarudin.

Tepis Isu Cak Imin Maju di Pilgub Jatim, Elite PKB Sebut Ada Tempat yang Lebih Mulia

Menurut dia, Emil seharusnya memiliki kesadaran etika berpolitik saat di PDIP. Dengan menjadi cawagub partai lain, Komarudin menilai Emil sudah melanggar etika politik tersebut. Padahal, secara garis politik, PDIP mendukung pasangan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dengan Abdullah Azwar Anas.

"Ini soal moral, banyak kader yang dianggap bagus tapi lompat pagar," kata anggota Komisi II DPR ini.

Masih Digodok, PKB Ogah Bocorkan Kandidat yang Bakal Diusung di Pilgub Jatim

Nama Emil Dardak kemungkinan besar akan menjadi pasangan Khofifah untuk Pilgub Jatim. Hal ini makin mencuat ketika Khofifah bertemu dengan Ketua Umum DPP Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas, Jawa Barat, terkait pemberian surat rekomendasi dukungan di Pilgub Jatim 2018.

Dari rekomendasi Demokrat, diketahui Khofifah akan maju di Pilgub Jatim bersama Bupati Trenggalek, Emil Elestianto Dardak. Selain Demokrat, Golkar juga sudah menyatakan dukungan terhadap Khofifah-Emil. (one)

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Airlangga Tugaskan RK Maju Pilkada Jakarta, Bobby di Sumut dan Khofifah Jatim

Nama Ridwan Kamil alias RK jadi calon kuat yang akan digadang-gadang sebagai bakal cagub Golkar untuk Pilkada Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024