Demokrat Anggap Absurd Tuduhan Mendagri soal Membajak Kader

Didi Irawadi Syamsuddin.
Sumber :
  • Antara/ M Agung Rajasa

VIVA – Partai Demokrat menganggap pernyataan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo tentang fenomena bajak-membajak kader partai menjelang pemilihan kepala daerah sebagai tuduhan yang tak jelas.

Mulai 2023, Pegawai Honorer Tak Lagi Dipakai Instansi Pemerintah

"Tuduhan bajak-membajak itu sangat absurd, dan sangat enggak benar. Tidak ada," kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Didi Irawadi Syamsuddin, di kompleks Parlemen di Jakarta pada Selasa, 29 November 2017.

Menurut Didi, hal yang terjadi justru si kader partai itulah yang tertarik untuk menggunakan partai lain, termasuk ke Demokrat. Mungkin, katanya, karena Demokrat lebih menarik bagi si kader. Dia mencontohkan sosok sang ketua umum Susilo Bambang Yudhoyono yang dianggap menarik bagi publik, termasuk kader partai lain.

Menpan RB Tjahjo Kumolo Minta KPK Gencarkan OTT

Dalam iklim demokrasi, dia berpendapat, ada hak setiap individu untuk memilih hal yang terbaik sehingga perpindahan kader adalah hal wajar. "Enggak usah didramatisasi dengan istilah outsourcing dan bajak-membajak. Partai Demokrat tidak pernah melakukan itu," katanya.

Menteri sebelumnya menyatakan menyayangkan aksi bajak-membajak kader partai pada proses pemilihan kepala daerah. Dia tidak menyebut spesifik pilkada di daerah mana itu terjadi. Tetapi dia menilai aksi semacam itu merusak kaderisasi di partai dan pada ujungnya merusak demokrasi.

MenPAN RB Tjahjo Kumolo Sebut ASN Tidak Masuk Kriteria Penerima Bansos

“Regulasi yang ada harus menjamin adanya etika berdemokrasi. Salah satunya membangun etika berdemokrasi, di antaranya, bagaimana antarpartai politik dan antar-tim sukses pasangan calon, jangan bajak-membajak,” kata Tjahjo di Surabaya pada 27 November 2017.

Gedung KPK

Respons Tjahjo Kumolo soal Mars dan Himne KPK Ciptaan Istri Firli

Mars dan himne yang diciptakan istri Ketua KPK Firli Bahuri diharapkan membangkitkan rasa semangat dan soliditas dari suatu organisasi, kementerian hingga lembaga.

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2022