Ahmad Dhani Sebut 212 Aksi Politik

Dok Ahmad Dhani saat mencoblos di TPS 24 Pondok Indah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA – Musisi Ahmad Dhani menghadiri gelaran Reuni Akbar 212 sekaligus peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Monumen Nasional Jakarta Pusat, Sabtu 2 Desember 2017. Menurut dia, perhelatan tersebut bukan sekadar ajang reuni.

Panitia Klaim Tak Ada Orasi Politik di Reuni 212: Fokus Munajat dan Salawat

"Saya kan pernah 411, seperti orang naik haji, umrah rasanya biasanya ingin balik lagi, 411 lalu balik lagi ke 212, tapi Alhamdulilah ada reuni. Menurut saya ini bukan reuni tapi ini bisa annual (tahunan)," kata Dhani.

Menurut dia, perhelatan Reuni Akbar 212 tersebut memiliki pesan moral tersendiri bagi dirinya. Yakni bahwasannya umat Islam boleh berpolitik, hal ini sekaligus menepis penilaian segelintir pihak bahwa Islam tak boleh berpolitik.

Panitia Reuni 212 Tak Undang Anies Baswedan, Habib Rizieq Masih Pikir-pikir

"Pesannya sih saya melihatnya umat Islam boleh berpolitik, wajib. Dan saya rasa ini adalah reaksi. Kalau dibilang aksi, kurang setuju. Ini reaksi dari apa yang dialami umat Islam dua tahun terakhir," ujarnya.

Saat disinggung adakah perubahan perhelatan 212 tahun sebelumnya dia enggan berkomentar. Menurut dia, gelaran 212 merupakan aksi politik.

Dikritik PBNU soal Politik Identitas, PA 212: NU Kemana-mana Bawa Gus Dur

"Kalau menurut saya 212 ini bisa dibilang aksi politik. Karena Ahok pun menjadi tidak menang, ini asumsi awam saya. Bisa dibilang aksi politik. Ini umat Islam yang tidak bisa didikte oleh penguasa. Yang tidak datang ini yang bisa didikte. Ini prediksi saya," kata dia.

Habib Rizieq Shihab saat tiba di Petamburan, Jakarta.

Habib Rizieq Sempat Khawatir Hadir ke Reuni 212: Takut Ditangkap Lagi

Habib Rizieq Shihab mengaku sempat khawatir pembebasan bersyarat yang ia tengah jalani saat ini dicabut jika datang ke Reuni 212 di Masjid At Tin, TMII Jakarta Timur.

img_title
VIVA.co.id
2 Desember 2022