Fraksi Golkar: Pengganti Setya Novanto akan Dibahas di Pleno

Setya Novanto.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Ketua Fraksi Partai Golkar DPR Robert Kardinal mengatakan paripurna DPR sore ini akan membacakan semua surat masuk terkait dengan pengunduran diri Setya Novanto sebagai ketua DPR.

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

"Hasilnya semua surat yang masuk akan dibacakan. Yang dibacakan nomornya dan perihalnya. Nanti diproses sesuai mekanisme," kata Robert di gedung DPR, Jakarta, Senin 11 Desember 2017.

Terkait pergantian ketua DPR, ia menjelaskan akan dibicarakan lagi di internal Golkar. Sehingga penunjukkan Aziz Syamsudin sebagai ketua DPR tak langsung direalisasikan. Hal ini menyesuaikan hasil rapat Bamus antara pimpinan DPR dengan perwakilan 10 fraksi.

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

"Nanti akan dibicarakan di partai sendiri. Tidak (Aziz tidak dilantik hari ini). Nanti diproses sesuai mekanisme," lanjut Robert.

Ia menjelaskan Fraksi Golkar memang yang menyampaikan surat penunjukan Aziz sebagai sebagai ketua DPR pengganti Novanto. Namun, sikap ini lantaran fraksi hanya kepanjangan tangan partai.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

"Hanya menyampaikan surat partai. Surat Aziz tetap dibacakan, tapi tidak ada pelaksanaannya. Lihat mekanisme berikut. Nanti sesuai di Golkar dan fraksi sendiri," kata Robert.

Kemudian, ia mengatakan, posisinya sebagai ketua fraksi hanya patuh pada aturan yang bersifat tegak lurus dengan pimpinan partai. Soal kelanjutan pengganti Novanto akan dibahas lagi lewat pleno.

"Nanti (nama calon ketua DPR) diplenokan, kan nanti ada mekanisme sebenarnya kewenangan ketua umum untuk menjalankam siapa-siapa di tata kerja ada di AD/ART ada itu kewenangan beliau. Beliau ngangkat menteri, ngusulkan duta besar kan nggak perlu tanya siapa-siapa," kata Robert.
    

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya