Calon Wakil Gus Ipul Masih Misteri

Ilustrasi kantor KPU.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Tim pemenangan bakal calon wakil gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dikabarkan menghubungi Komisi Pemilihan Umum setempat di hari pertama pembukaan pendaftaran. Tim memberitahukan akan mendaftar antara Selasa atau Rabu, 9 atau 10 Januari 2018. Lalu siapa bakal calon wakil pendamping Gus Ipul?

Gus Ipul Sarankan PKB Sowan ke Rais Aam dan Ketum PBNU: Minta Nasihat Gitu

Gus Ipul kehilangan calon wakil setelah pasangannya, Abdullah Azwar Anas, mengundurkan diri gara-gara beredar foto syur mirip dirinya bersama seorang perempuan. PDIP pun berjibaku dengan waktu mencari penggantinya. Koalisi PDIP bersama PKB juga rentan bubar dalam konteks Pilgub Jatim setelah pengunduran Anas itu.

Kendati begitu, Gus Ipul tetap akan maju dan bersiap-siap mendaftar ke KPU setempat. "Tadi malam seseorang yang mengatasnamakan timnya Gus Ipul konfirmasi ke kami, kalau tidak tanggal 9 atau 10 akan mendaftar. Katanya menunggu " kata Komisioner KPU Jatim, Mohammad Arbayanto, di Surabaya pada Senin, 8 Januari 2018.

Gus Ipul Sindir PKB Belum Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Apresiasi Pilihan Rakyat Itu Penting

Tim Gus Ipul, kata Arbayanto, juga menanyakan kelengkapan persyaratan yang harus dipenuhi dalam proses pendaftaran. "Kalau dua orang tim dari pasangan Khofifah-Emil Dardak tadi pagi datang ke kantor KPU, juga menanyakan kelengkapan persyaratan pencalonan. Ibu Khofifah rencananya akan mendaftar pada Rabu tanggal 10," ujarnya.

Arbayanto berharap pendaftaran oleh para pasangan calon Pilgub Jatim tidak bersamaan waktu. Sebab, biasanya masing-masing pasangan calon akan membawa massa pendukung. "Kami berharap tidak berbarengan waktunya, karena biasanya saat mendaftar," katanya.

Gus Ipul Bicara soal Pergantian Cak Imin dari Ketua Umum PKB: Harus Regerenasi

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Machfud Arifin mengecek kantor KPU Jatim pada Senin siang. Dia ingin memastikan pengamanan di KPU sudah siap sehingga tidak ada gangguan apa pun pada proses pelaksanaan Pilkada Jatim.

"Kami memberi jaminan keamanan untuk lancarnya Pilkada serentak di Jawa Timur, baik mulai dari pendaftaran sampai pelaksanaan Pilkada. Masyarakat diharapkan sinergi dengan Polri dan TNI, kalau ada temuan gangguan di lapangan, tolong jangan ditangani sendiri. Serahkan penyelesaiannya kepada petugas," katanya.

Belum ada satu pun pasangan calon Pilgub Jatim yang mendaftar ke KPU sampai berita ini dipublikasikan pada Senin siang. Pengamatan VIVA di lokasi, kantor KPU didominasi petugas keamanan dari Polri dan TNI yang melakukan penjagaan, selain pegawai KPU. Kawat berduri di pasangan di pinggir jalan depan kantor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya