Gerindra Tawarkan Moreno dan Eko Patrio, Gus Ipul Bungkam

Bakal calon gubernur, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul (kiri).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Poros baru koalisi dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur, yakni Gerindra, PAN dan PKS, masih menunggu jawaban bakal calon gubernur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul atas tawaran nama-nama bakal calon wakil pengganti Abdullah Azwar Anas. PKB dan PDIP belum memutuskan siapa pengganti Anas.

Gus Ipul Sindir PKB Belum Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Apresiasi Pilihan Rakyat Itu Penting

Ketua Gerindra Jatim Supriyatno mengatakan, ada beberapa nama calon pendamping yang ditawarkan ke Gus Ipul. "Ada Pak Suwarno mantan Pangdam, bisa Moreno generasi now, atau juga Eko Patrio (PAN) daerah selatan, ada Kang Yoto," katanya kepada wartawan di Surabaya pada Selasa, 9 Januari 2018.

Tawaran itu, katanya, disampaikan ke Gus Ipul setelah pimpinan petinggi tiga partai poros baru bertemu menyusul Azwar Anas mengundurkan diri. Bila tawaran poros baru itu direspons, bisa jadi Gus Ipul maju dengan lima partai. "Dengan kendaraan lima partai ini, mungkin Gus Ipul lebih greng," kata Supriyanto.

Gus Ipul Bicara soal Pergantian Cak Imin dari Ketua Umum PKB: Harus Regerenasi

Penentuan pengganti Azwar Anas menjadi tarik ulur karena PDIP bersikeras mengajukan kadernya. PDIP juga berkukuh ingin mempertahankan koalisi yang sudah berjalan dengan PKB. Ada tiga nama muncul jadi bakal pendamping Gus Ipul, yakni Puti Guntur Soekarno, Djarot Saiful Hidayat, dan Ipong Muchlissoni.

Poros baru, katanya, masih menunggu jawaban Gus Ipul. "Kami tunggu jawaban Gus Ipul. Kalau belum dijawab sampai nanti sore, kami akan laporkan ke Ketua Umum (Prabowo Subianto). Nanti diteruskan ke PAN dan PKS. Kami tunggu besok pagi saja," kata Supriyatno. (mus)

Sekjen PBNU Gus Ipul ke PKB: KPU Sudah Umumkan Pemenangnya, Akui Saja dan Beri Ucapan Selamat
Sekjen PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul)

Gus Ipul Sarankan PKB Sowan ke Rais Aam dan Ketum PBNU: Minta Nasihat Gitu

Menurut Sekjen PBNU Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, petinggi PKB belum sowan baik sebelum dan pasca Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024