Nasib Jokowi di Pilpres Ditentukan Saat Rakernas PDIP

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Kereta Api Bandara Soetta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA – Rapat Kerja Nasional III PDI Perjuangan segera dilaksanakan pada Februari 2018 mendatang di Bali.

Jokowi Diundang ke Konser Yanni di Prambanan

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, perhelatan itu akan mematangkan sejumlah isu penting yakni Pilkada Serentak berikut Pemilihan Legislatif dan Presiden.

"Jadi Rapat Rakernas membahas aspek strategis terkait dengan Pileg dan Pilpres yang berjalan serentak. Itu menyangkut strategi pencalegan dan bagaimana pemenangannya," kata Hasto di kantor DPP PDI P, Jakarta, Selasa 9 Januari 2017.

Jokowi: Seluruh Korban Bom Surabaya Ditanggung Negara

Hasto menyatakan, pertimbangan memilih calon presiden termasuk adanya masukan untuk mendukung kembali Jokowi bakal dibicarakan melalui Rakernas.

Namun keputusan itu tetap mengacu pada keputusan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang menurut hasil Kongres sebelumnya telah diberikan mandat memilih calon presiden.

Jokowi Yakin Bendungan Raknamo Bisa Makmurkan Warga NTT

"Apakah di dalam rakernas III akan diumumkan terlebih dahulu calon presiden. Maka kesemuanya akan dilakukan dengan cermat," kata dia.

Menurut Hasto, partainya tetap berhitung masa pendaftaran calon presiden - wakil presiden yang mulai berlangsung Agustus 2018.

Kata Hasto, kemungkinan besar mengusung Jokowi masih tetap menjadi opsi utama mengingat prestasinya sejalan dengan visi partai di bidang infrastruktur dan pembangunan manusia.

"Partai sejak semula punya keyakinan Bapak Jokowi menjalankan hal-hal yang menjadi kepentingan strategis dari platform dan ideologi PDI Perjuangan itu sendiri," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya