Alasan PAN Pilih Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

Sekretaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno.
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA – Partai Amanat Nasional akhirnya menyatakan dukungan untuk pasangan Khofifah Indar Parawansa- Emil Dardak di Pemilihan Gubernur Jawa Timur. Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Suparno mengatakan alasan memilih Khofifah karena komunikasi yang sudah terjalin sejak lama.

Gerindra Tak Masalah PDIP Gabung Usung Khofifah di Pilgub Jatim, Ada Tapinya

"Karena kami sudah lama komunikasi dengan Bu Khofifah. Beliau sudah membuktikan ketika menjadi Menteri Sosial. Ini pilihan realistis kami," kata Eddy saat dihubungi VIVA, Rabu, 10 Januari 2018.

Eddy optimis dengan diduetkan bersama Emil Dardak, pasangan ini bisa unggul di Pilgub Jatim. Mesin parpol PAN di Jatim siap mendukung penuh duet Khofifah-Emil. "Kami siap total membantu memenangkan pasangan Khofifah-Emil," tuturnya.

Tepis Isu Cak Imin Maju di Pilgub Jatim, Elite PKB Sebut Ada Tempat yang Lebih Mulia

Kemudian, Eddy menceritakan dalam dinamika politik Pilgub Jatim, sebenarnya PAN pernah menawarkan beberapa kadernya untuk menjadi pendamping Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Tawaran ini lantaran mundurnya Abdullah Azwar Anas dari calon wakil gubernur Jawa Timur.

"Ada beberapa seperti Eko Patrio, Kang Yoto atau Suyoto. Tapi, Gus Ipul belum beri jawaban. Sementara, waktu mepet kan. Kalau kader kami diterima, kami siap dukung Gus Ipul," tutur Eddy.

Masih Digodok, PKB Ogah Bocorkan Kandidat yang Bakal Diusung di Pilgub Jatim

Dengan dukungan PAN, koalisi pengusung Khofifah-Emil bertambah. Sebelumnya ada Golkar, Demokrat, PPP, Nasdem, dan Hanura yang mendukung pasangan ini. Lalu, ada parpol non parlemen yaitu PKPI sudah menyampaikan dukungannya. (ase)

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Airlangga Tugaskan RK Maju Pilkada Jakarta, Bobby di Sumut dan Khofifah Jatim

Nama Ridwan Kamil alias RK jadi calon kuat yang akan digadang-gadang sebagai bakal cagub Golkar untuk Pilkada Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024