Pilkada Jawa Barat 2018

Pemilih Muslim di Jabar Jadi 'Saham Besar' Cagub Sudrajat

Cagub Jawa Barat, Mayjen (Purn) Sudrajat.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Bakal calon gubernur Jawa Barat 2018, Mayjen (Purn) Sudrajat, mengklaim punya modal kuat untuk memenangi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018. Sudrajat, yang diusung Partai Gerindra dan dipasangkan dengan kader PKS, Ahmad Syaikhu, mendapatkan dukungan tambahan dari PAN, PPP kepemimpinan Djan Faridz serta PBB.

Pasangan Asyik Belum Mau Akui Keunggulan Rindu

"Kami punya saham besar di Jawa Barat. Berapa saham kami di Jawa Barat? Ini 85 persen masyarakat muslim, itu lah saham yang terbesar," ujar Sudrajat dalam deklarasi pasangan Pilgub Jawa Barat di Monumen Perjuangan (Monju) Kota Bandung Jawa Barat, Rabu 10 Januari 2018.

Dalam deklarasi tersebut, Sudrajat mengutarakan soal ancaman primordial dan SARA. Lulusan Akabri 1971 itu mengimbau masyarakat dapat melawan serangan tersebut.

Tunggu Real Count, Gerindra Ogah Akui Ridwan Kamil Menang

"Saya bukan primordial. Kalau saya bicara Islam, jangan dituduh berbicara SARA. Kalau saya bicara Islam, agamis, saya berbicara hak dan kewajiban. Tapi saat ini, kadang-kadang orang mengatakan 'Kalau you berbicara agama, berbicara orang Sunda, Anda promordial SARA'. Jangan mau terima tuduhan itu," kata mantan Duta Besar RI untuk China itu.

Tidak hanya itu, Sudrajat mengingatkan kepada kader dan komunitas-komunitas yang hadir, bahwa pentingnya menjadi pribadi yang merdeka. "Apa hak kita sebagai orang merdeka? Artinya punya kemerdekaan untuk menentukan nasib sendiri, jangan sama orang lain," ujarnya.

Ridwan Kamil Menang Quick Count, Deddy Mizwar Ucapkan Selamat

Karena itu, mayoritas umat Muslim di Jawa Barat dinilai memiliki pengaruh besar untuk menentukan masa depan pembangunan.

"Saham yang kami miliki 85 persen, maka yang menentukan Jawa Barat ke depan itu yang punya saham paling besar. Dan platform PKS, PAN, Gerindra, PPP, dan PBB adalah pemegang saham 85 persen. Untuk itu, kalau mau menentukan masa depan Jawa Barat, maka pilihlah yang akan melanjutkan kepemimpinan yang sudah dirintis Aher (Ahmad Heryawan)," katanya. (ren)

Ridwan Kamil

Ridwan Kamil Istigfar Usai Disahkan sebagai Gubernur Terpilih

KPU berhasil menjadikan pilkada sebagai wisata politik.

img_title
VIVA.co.id
24 Juli 2018