Puti Guntur Soekarno: Suami Saya Arek Suroboyo

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno, berdoa bersama pendukung sebelum mendaftar ke KPU di Surabaya pada Rabu malam, 10 Januari 2018.
Sumber :
  • VIVA/Rahmad Noto

VIVA – Puti Guntur Soekarno, calon wakil gubernur Jawa Timur, seolah merasakan bahwa publik belum terlalu mengenalnya. Sebagian memang menerka-nerka hanya berdasarkan nama belakangnya yang segera dikaitkan dengan Sukarno, Proklamator sekaligus Presiden pertama Republik Indonesia.

Gerindra Hanya Rekom Khofifah sebagai Cagub Jatim, Emil Tak Pasti jadi Cawagub

Kandidat wakil gubernur untuk pendamping calon gubernur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul itu segera memperkenalkan diri pada Kamis siang, 11 Januari 2018, sehari setelah resmi mendaftar sebagai peserta Pemilihan Gubernur Jawa Timur.

Sesudah menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Dr Soetomo di Surabaya, Puti menjelaskan secara singkat identitasnya sebagai bagian dari masyarakat Jawa Timur. Dia juga mengungkap bahwa sang suami, Joy Cameron, kelahiran Surabaya.

Golkar Resmi Usung Khofifah di Pilgub Jatim 2024

“Saya ini pulang kampung, leluhur saya ada di Jawa Timur. Suaminya saja juga orang Surabaya; arek Suroboyo. Jadi yang seperti pulang ke kampung halaman ini,“ katanya kepada wartawan.

Meski tak sempat bercerita banyak, anak Guntur Soekarno Putra itu menyebut bahwa sang suami bersekolah di SMA Negeri 2 Surabaya. Dia dijadwalkan segera bertolak ke Blitar untuk berziarah ke makam kakeknya, Sukarno.

Demokrat Kembali Usung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Diproyeksikan di Jawa Barat

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP menetapkan nama Puti sebagai calon wakil gubernur Jawa Timur pada detik-detik terakhir, Rabu, 10 Januari, hari terakhir pendaftaran pasangan calon di Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur.

Nama lengkapnya Puti Pramathana Puspa Seruni Paundrianagari Guntur Soekarnoputri, namun kerap disingkat Puti Guntur Soekarno. Dia adalah cucu Sukarno dari anak pertamanya Guntur Soekarnoputra. Ibunda Puti, Henny Emilia Hendayani, disebut memiliki keturunan kerajaan Galuh (tahun 669 M) dengan ibu kota di daerah Kawali, sekarang wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Puti sempat masuk dalam daftar bakal calon gubernur/wakil gubernur Jawa Barat dari PDIP untuk Pilkada tahun 2018. Namun, dia akhirnya ditunjuk sebagai calon wakil gubernur Jawa Timur, setelah pengunduran diri Azwar Anas. Baca: Siapa Puti Guntur Pendamping Gus Ipul? (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya