Kapolri Melarang Keras Jajarannya Melakukan Ini

Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
Sumber :
  • VIVA.co.id / Irwandi Arsyad

VIVA – Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian memerintahkan seluruh anggota Polri untuk bertindak netral selama pilkada serentak 2018.

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

Ia bahkan melarang anggota berfoto-foto dengan calon kepala daerah. "Intinya setiap anggota Polri harus netral, tidak berpihak. Saya juga melarang foto-foto dengan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah. Kita keluarkan arahan seperti itu," kata Tito di gedung DPR, Jakarta, Kamis 11 Januari 2018.

Ia juga menegaskan akan melakukan mekanisme pengawasan internal. Sehingga kalau nanti ada informasi internal anggota Polri yang tidak netral, maka ia pasti akan melakukan investigasi secara internal oleh jajaran Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) dan jajaran Profesi dan Pengamanan (Propam).

Semua Petugas KPPS Pilkada 2020 Akan Jalani Rapid Test

"Kami memberikan arahan-arahan pada wilayah, pada seluruh jajaran. Baik melalui arahan lisan, maupun tertulis, melalui telegram-telegram," kata Tito.

Pilkada serentak 2018 akan digelar di 171 daerah pemilihan. Adapun rinciannya terdiri dari 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten. (mus)

Pemilu Serentak 2024 Kemungkinan Ditunda
Mendagri ?Tito Karnavian di Medan, Sumut, Jumat, 3 Juli 2020.

Pilkada Serentak di Sumut, Mendagri: Semua Siap

Pilkada serentak ini harus mengikuti protokol kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
3 Juli 2020