Demokrat: Tak Ada Mahar Politik, Kami Lihat Elektabilitas

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono saat berpidato.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Serangan La Nyalla Mattalitti pada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menjadi sorotan publik. Elite Demokrat ikut memberikan tanggapan. Wakil Ketua Dewan Pembina Demokrat Agus Hermanto mengatakan partainya tak ada mahar politik.

Golkar Resmi Usung Khofifah di Pilgub Jatim 2024

Menurut dia, hal ini berlaku untuk calon bupati, wali kota, maupun gubernur.

"Kami tidak ada mahar untuk parpol. Kalau untuk kampanye itu urusan mereka. Kalau kampanye itu yang mengeluarkan dari kantong dia," kata Agus di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat 12 Januari 2018.

Demokrat Kembali Usung Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Agus mengatakan, Demokrat tak pernah membicarakan dan mematok adanya mahar tertentu. Dia mengklaim calon kepala daerah yang dipilih Demokrat adalah yang punya elektabilitas yang tinggi.

"Yang kami lihat adalah elektabilitas dan juga popularitas. Sehingga seluruh cagub-cagub dan cawalkot ketika menghadap ke DPP semuanya telah menyertakan survei. Kami lihat kredibilitas dari surveinya," ujar Agus.

Terungkap Alasan Khofifah Tolak Posisi Cawapres, Mantap Maju Lagi jadi Cagub Jatim 2024

Terkait pengakuan La Nyalla itu, Agus menekankan itu adalah urusan internal partai pimpinan Prabowo Subianto itu. Namun, apabila kandidat perlu mengeluarkan biaya besar untuk kampanye, menurutnya, itu menjadi pilihan kandidat.

"Tentu itu tergantung kandidatnya. Kalau kandidat ingin mempopulerkan dirinya supaya keterpilihannya tinggi, lalu dia punya uang dan sebagainya, itu urusan para kandidat," ujarnya.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, dan Wagub Jatim Emil Dardak.

Gerindra Hanya Rekom Khofifah sebagai Cagub Jatim, Emil Tak Pasti jadi Cawagub

Partai Gerindra kemungkinan mengusung kadernya untuk jadi tandem Khofifah di Pilgub Jatim 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2024