Moeldoko Jadi KSP, Jatah Kursi Kabinet dari Hanura Bertambah

Jenderal (Purn) TNI Moeldoko sebagai Kepala Staf Kepresidenan.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA – Presiden Joko Widodo menunjuk Jenderal (Purn) TNI Moeldoko sebagai Kepala Staf Kepresidenan menggantikan Teten Masduki. Pasca pensiun dari Panglima TNI, Moeldoko juga menjabat sebagai wakil ketua Dewan Pembina Hanura.

Jokowi Lantik AHY Jadi Menteri ATR/BPN di Istana, Moeldoko ke Mana Tak Nongol?

Selain Moeldoko, Hanura sudah mendapat satu jatah kursi dari Wiranto yang menjabat Menko Polhukam. Masuknya Moeldoko di Kabinet pemerintahan Jokowi direspons positif elite Hanura.

"Juga menambah kursinya Hanura, Pak Moeldoko bagus dong, jadi di luar ada Pak Wiranto di Menko Polhukam. Di istana ada Pak Moeldoko," kata Oesman Sapta Odang di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 17 Januari 2018.

Jokowi Lakukan Reshuffle, Ini Deretan Menteri Terbaru Kabinet Indonesia Maju

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik sejumlah pejabat negara. Salah satunya mantan Kepala Staf TNI AD Jenderal (Purn) TNI Moeldoko menggantikan Teten Masduki sebagai Kepala Staf Kepresidenan.

Karir Moeldoko moncer dengan naik jabatan sebagai Panglima TNI era Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pensiun dari karir militer, mantan Pangdam Siliwangi itu masuk ke dunia politik praktis. Ia menjadi Wakil Ketua Dewan Pembina Hanura pada 2016.

Sah! Hadi Tjahjanto jadi Menko Polhukam, AHY Menteri ATR Usai Dilantik Jokowi

Di awal Kabinet Kerja, ada dua kader Hanura lain seperti Yuddy Chrisnandi dan Saleh Husin. Namun, keduanya sudah terkena reshuffle. Yuddy pernah menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Yuddy saat ini diplot sebagai Dubes RI untuk Ukraina merangkap Armenia dan Georgia. Sementara, Saleh Husin pernah jadi Menteri Perindustrian.

Anggota DPR sekaligus Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera

AHY jadi Menteri ATR/BPN, Mardani PKS: Welcome to The Jungle

Presiden Jokowi lantik Ketum Partai Demokrat AHY jadi Menteri ATR/BPN.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2024