Soal Sekjen Hanura, Oso: Enggak Ada Urusan Besan Jokowi

Oesman Sapta Odang (kiri) saat Rapimnas Hanura yang dihadiri Presiden Jokowi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Oesman Sapta Odang kembali angkat bicara soal posisi sekretaris jenderal Hanura, Herry Lontung Siregar. Herry merupakan sekjen pengganti Sarifuddin Suding yang  dipecat Oso.

Hanura Akan Kukuhkan Pengurus, Wiranto Diundang Sebagai Wantimpres

Herry juga masih kerabat dari menantu Presiden Joko Widodo. Namun, Oso meminta agar posisi Herry jangan dikaitkan dengan Jokowi.

"Enggak ada urusan yang begitu-begitu, enggak ada urusan besan, urusan organisasi," kata Oso di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 17 Desember 2018.

Prahara Hanura, Pakta Integritas Oso dan Wiranto Gugur

Ia menambahkan, tak pernah meminta izin kepada Jokowi terkait penunjukan Herry sebagai sekjen Hanura versinya. "Enggak ada, enggak ada, buat apa minta izin, orang enggak ada kaitannya dengan Jokowi," kata Oesman.

Sebelumnya, Herry Lontung Siregar dipilih Oso menyusul dipecatnya Sarifuddin Sudding lantaran melanggar disiplin organisasi dan dianggap ikut ambil bagian terhadap pemecatannya. Herry merupakan paman Bobby Nasution yang ikut mendampingi saat proses adat hingga resepsi pernikahan di Solo dan Medan.

Munas Disebut Abal-abal, Kubu Oso Ancam Polisikan Wiranto Cs

Dalam polemik Hanura, Oso dipecat oleh elite Hanura karena adanya mosi tak percaya dari 27 DPD dan 400 DPC. Mosi tak percaya ini karena Oso dinilai arogan dan sering memecat kader yang tak patuh terhadapnya.

Selain itu, Oso diduga terlibat mahar politik, sehingga menerbitkan surat keputusan ganda dalam pengusungan pasangan calon di Pilkada 2018.

Dikonfirmasi di tempat terpisah, Oso menegaskan siap menertibkan kader yang membuat gaduh di internal Hanura. Namun, ia tak bisa menceritakan dinamika terkait internal Hanura.

"Ya, itu karena ada sesuatu yang tak bisa saya ceritakan di sini, itu intern partai," kata Oso di Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 17 Januari 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya