Fadli Zon: Presiden Jokowi Menjilat Ludahnya Sendiri

Wakil Ketua DPR Fadli Zon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalis

VIVA – Komitmen Presiden Joko Widodo tentang menteri yang rangkap jabatan di partai politik menuai sorotan. Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai tetap dipertahankannya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai Menteri Perindustrian menunjukkan bahwa Jokowi tidak satu kata dengan perbuatan.

MK Nyatakan Airlangga dan Zulhas Tak Langgar Kampanye Pilpres 2024

"Kalau dulu Presiden mengatakan tidak boleh rangkap jabatan dan sekarang boleh, saya rasa kita bisa tahu apakah satu kata dengan perbuatan," kata Fadli di kompleks Parlemen di Jakarta pada Selasa, 23 Januari 2018.

"Artinya seperti waktu itu, Presiden menjilat ludahnya sendiri gitu," katanya.

Asia Business Council, Menko Airlangga Yakinkan Komitmen Indonesia Mempercepat Pembangunan Ekonomi

Fadli menegaskan Presiden Jokowi tidak konsisten antara kebijakan dan pelaksanaannya. Padahal di tahun politik ini menurutnya banyak pekerjaan pemerintah yang belum selesai.

"Ketidakkonsistenan ini dampaknya buruk. Misalnya dari awal boleh ya boleh, kalau tidak ya tidak. Tapi ketidakkonsistenan ini menunjukkan saya kira bagaimana tidak adanya satu prosedur tetap yang baku. Saya kira bisa menjadi contoh kepada yang lain," ujar Fadli.

Soal Konflik Israel-Iran, Airlangga Cermati Dampak ke Sektor Logistik Minyak Mentah Dunia

Dia mengakui soal kabinet ini adalah hak prerogatif dari Presiden Jokowi. Namun dia mengaku tidak paham alasan pasti Presiden tetap mempertahankan Airlangga.

"Dan mungkin punya pertimbangan-pertimbangan lain, tapi saya tidak tahu. Saya kira kita serahkan itu kepada Presiden sendiri," kata Fadli. (ase)

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Airlangga Pede Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh di Atas 5 Persen

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto optimistis ekonomi RI pada kuartal I-2024 akan tumbuh di atas 5 persen.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024