Heboh Foto Longsor di Puncak Sore Ini, BNPB Tegaskan Hoax

Foto hoax longsor di Puncak, Bogor.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, memberikan klarifikasi mengenai kabar di media sosial bahwa jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, terjadi longsor. 

Kabulkan Gugatan Haris Azhar Cs, MK Hapus Pasal Sebar Hoax Bikin Onar

"Beredar di medsos jalur di Puncak Bogor longsor seperti foto ini. BPBD sudah mengecek. Puncak aman dan tidak ada longsor pada 12 Desember 2018 pukul 17.30 WIB," ujar Sutopo Purwo Nugroho dikutip dari akun Twitter resminya, Rabu, 12 Desember 2018. 

Sutopo menjelaskan bahwa foto longsor itu bukan terjadi di jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, melainkan itu terjadi di Padang, Provinsi Sumatera Barat. 

Diduga Sebar Hoax, Pemilik Akun Connie Rakundini Dilaporkan ke Polrestabes Surabaya

"Jadi berita tadi hoax. Foto ini adalah longsor menutup akses jalan Padang-Solok (Panorama 2) pada 12 Desember 2018 pagi," tuturnya.

Babak Baru Kasus Hoax Rekaman Forkopimda, Palti Hutabarat Diserahkan ke Kejaksaan

Unggahan status dari Sutopo mendapatkan tanggapan dari warganet. "Busyet, hoax enggak habis-habis. Bencana lagi hoax nya," tulis akun Twitter @wito_karyono.

"Nngopi napa ngopiiiiiii, heran hoax mulu yang dibikin," ujar akun Twitter @kristobi. 

"Ealah thu orang makan apa ya pak hoax terus yang dibuat, mbok ya se kali-kali kasih kabar gembira," tulis akun Twitter @lukman_endra14. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya