VIVA Dicatut untuk Cuitan 'Web KPU Diretas'

Cuitan hoax yang mencatut logo VIVA
Sumber :
  • Twitter/@HasoloanManuru1

VIVA – Senin siang, Rabu 6 Februari 2019,  muncul cuitan di Twitter dari akun @HasoloanManuru1 yang menampilkan tautan sebuah berita seolah-olah berasal dari platform situs VIVA dengan judul "Web KPU Diretas, Temuan Mengejutan!! Jokowi Angkat Isu PKI".

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar

Tautan dengan judul demikian seolah-olah dimuat di situs VIVA pada Rabu 6 Februari 2019 pukul 05.06 WIB. Namun jika dicermati, ada perbedaan penulisan format tanggal penayangan. Format tanggal dan bulan dalam cuitan tersebut ditulis 06 Febuari 2019. Sementara untuk tanggal di bawah 10, VIVA tidak pernah mendahului dengan angka 0 (nol), sedangkan untuk penulisan bulan, bukan Febuari melainkan Februari.

Redaksi VIVA menyatakan, VIVA tidak pernah memuat artikel dengan judul "Web KPU Diretas, Temuan Mengejutan!! Jokowi Angkat Isu PKI", seperti yang ditampilkan di cuitan itu. Baik dalam sistem internal maupun indeks di situs web VIVA, tidak ada judul artikel demikian pada Rabu 6 Februari 2019 pukul 05.06 WIB.

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu
Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Dengan demikian, tidak benar VIVA memuat artikel tersebut. Selain itu, artikel juga tidak sesuai dengan standar jurnalistik yang diterapkan VIVA.

Bisa dipastikan artikel yang beredar tersebut merupakan ulah pihak tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan logo dan format platform mirip dengan yang dipakai VIVA untuk maksud tertentu. (umi)

Ayu Dewi

Awas Hoaks, Ayu Dewi Tegaskan Gak Pernah Jadi MC Peluncuran Jet Pribadi Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Ayu Dewi menegaskan tidak pernah menjadi MC untuk acara apa pun dari keluarga Sandra Dewi dan Harvey Moeis.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024