CEK FAKTA: Ma'ruf Akan Lanjutkan Beasiswa hingga Tingkat Kuliah

Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin tiba untuk mengikuti Debat Pilpres
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Dalam pemaparan visi dan misinya, calon wakil presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa di bidang pendidikan, beasiswa akan diteruskan. Bahkan, beasiswa itu akan ditingkatkan ke tingkat kuliah.

Prabowo Sebut Masa Depan BUMN Tak Jelas, Jokowi: Silakan Cek Dividen

"Kepada anak-anakku, kalian jangan takut untuk bermimpi bercita-cita, orangtua tidak perlu khawatir akan masa depan anaknya. Kalian jangan takut dan jangan sedih karena sekarang negara telah hadir dan akan terus hadir membantu kalian," ujar Ma'ruf dalam debat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu, 17 Maret 2019.

Ma'ruf juga mengatakan, dia dan pasangannya memiliki visi Indonesia Maju. "Kuncinya ada pada manusia. Manusia Indonesia yang sehat, cerdas, produktif, berkah dan mulia," ujarnya.

BPN Tegaskan Pernyataan Prabowo Tidak Serang SBY

Faktanya:

Dikutip dari situs kemendikbud.go.id, Program Beasiswa Unggulan telah disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program itu ditujukan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui penyediaan bantuan pendidikan dan pelatihan, baik melalui jalur gelar maupun non gelar. 

CEK FAKTA: B20 Dapat Kurangi Impor Minyak

Sesuai tugas dan fungsi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka program ini diutamakan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan dan kebudayaan, sehingga yang dibiayai diutamakan untuk bidang-bidang yang relevan pada pengembangan pendidikan dan kebudayaan. 

Program Beasiswa Unggulan juga mendukung upaya pemerintah dalam memperkecil kesenjangan kinerja pendidikan antarkelompok masyarakat, sehingga program ini juga memberikan peluang lebih besar bagi masyarakat miskin dan/atau yang tinggal di daerah tertinggal.

Sementara itu, untuk program Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi merupakan beasiswa dalam negeri bagi jenjang S1, S2, dan S3. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang sudah memiliki surat diterima di perguruan tinggi maupun mahasiswa yang sudah melangsungkan perkuliahan maksimal semester dua pada saat mendaftar.

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi ditujukan kepada masyarakat berprestasi di segala bidang dan tidak diprioritaskan bagi dosen. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya