Rupiah Melemah Usai Lebaran, Ini Kata Bos Bank Mandiri

Mata uang rupiah dan dolar AS.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – Usai Lebaran nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat terus melemah. Data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Senin 25 Juni 2018, rupiah melemah ke level Rp14.105 per dolar AS dari akhir pekan lalu, Jumat 22 Juni 2018 yang berada di level Rp14.102 per dolar AS.

Rupiah Menguat Pagi Ini Terdorong Optimisme Ekonomi RI Bakal Tumbuh di Atas 5 Persen

Menanggapi itu, Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, seluruh negara berkembang memang sedang menyesuaikan kebijakan ekonomi lantaran bank sentral AS yang lebih agresif menaikkan suku bunga dibanding perkiraan awal.

"Karena ekonomi AS yang membaik. Memang semua emerging market harus menyesuaikan dengan kecepatan perubahan monetary policy di AS," kata pria yang akrab disapa Tiko itu usai halal bi halal di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin 25 Juni 2018.

Gubernur BI Sebut Rupiah Menguat Menuju Rp 15.800 per Dolar AS, Ini Faktor Pendukungnya

Meski demikian, Indonesia saat ini belum termasuk negara terdampak terlalu parah dibandingkan negara berkembang lain. Misalnya, jika dibandingkan dengan Turki dan Argentina.

"Saya rasa Indonesia termasuk yang tidak berdampak terlalu parah ya kalau kita lihat dibanding Turki, Argentina dan sebagainya. Kita masih dalam range yang normal," ujarnya menambahkan.

Rupiah Perkasa ke Rp 16.088 per Dolar AS Usai Rilis Data Inflasi RI

Dia mengaku optimis dengan respons yang akan dilakukan Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan. Sehingga ke depan stabilitas rupiah akan tetap terjaga.

"Saya rasa ke depannya masih tetap bisa jaga stabilitas rupiah." (mus)

Karyawati menunjukkan mata uang rupiah dan dolar AS di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta.

Melemah ke Level Rp 16.058 Per Dolar AS, Ada Harapan Rupiah Menguat Hari Ini

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2024 yang mencapai 5,11 persen secara year on year (yoy) hembuskan sentimen positif terhadp pergerakan rupiah.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024