Hati-hati Penipuan Lowongan Kerja Catut Nama Waskita Karya

pekerjaan - lamaran - lowongan - interview kerja
Sumber :
  • REUTERS/Lucy Nicholson

VIVA – Para pencari kerja, kini harus lebih waspada dalam melamar pekerjaan melalui online. Sebab, penipu pun menggunakan platform pencarian kerja untuk melakukan aksinya meraup keuntungan dengan segala cara.

Konsolidasi BUMN Karya Ditarget Rampung September 2024, Ini Tujuannya

Yang terbaru, seorang pria mengaku hampir menjadi korban penipuan lowongan kerja yang mengatasnamakan Waskita Karya.

Pria berinisial NFR itu mengaku mendapatkan informasi lowongan kerja dari email yang dilayangkan sebuah platform pencari kerja. Usai melamar, ia mendapatkan kiriman email yang mengatasnamakan Waskita Karya. Dalam email itu ia  terpilih menjadi satu dari 20 orang dalam daftar yang lolos seleksi awal dan diwajibkan hadir dalam wawancara serta psikotes. Surat tersebut terlihat sangat resmi. Ada kop surat dan tanda tangan pejabat Waskita di atas materai.

Polisi Bongkar Modus Peretasan WhatsApp dari Facebook

Kecurigaan pria itu muncul, ketika dalam surat tersebut tertera aturan yang mengharuskannya menghubungi travel agent tertentu untuk membeli tiket pesawat dan hotel, serta akomodasi yang mengantarnya ke tempat tes.

Apalagi, ternyata email yang digunakan untuk mengirim surat tersebut bukanlah email resmi Waskita Karya. Bahkan, saat dicari di internet, nama pejabat yang menandatangani surat tersebut tidak ada dalam daftar pejabat Waskita.

Kasus Pemuda di Cianjur Nikahi Wanita yang Ternyata Pria, Endingnya Begini

Menanggapi hal ini, SVP Corporate Secretary Waskita Karya, Shastia Hadiarti mengatakan, jika surat tersebut dipastikan palsu. Karena, sampai saat ini Waskita Karya tidak membuat lowongan untuk Management Trainee.

"Kalau email itu dipastikan palsu. Webmail resmi kami selalu Waskita.co.id. Kami selalu mempublikasikan lowongan di website resmi www.waskita.co.id. Kalau untuk kerja sama dengan pihak lain atau di website lain, saya harus cek dulu ke bagian HCM (Human Capital Management)," ujar Shastia, saat dihubungi VIVA melalui pesan singkat, Jumat 3 Agustus 2018.

Lebih lanjut, Shastia mengimbau para pelamar kerja untuk lebih berhati-hati, terutama jika mendapatkan info lowongan kerja mengatasnamakan Waskita, bahkan sampai ada yang meminta transfer uang atau pembayaran apapun.

"Cek nama perusahaan dan profile perusahaan di mesin pencarian internet. Waskita sendiri memiliki website resmi yang dapat dicek berbagai informasinya, termasuk informasi karir, www.waskita.co.id. Kontak langsung nomor telepon yang tertera pada website resmi. Pada website resmi, pasti tercantum kontak perusahaan yang dapat dihubungi," katanya. 

Kontak call center Waskita Karya yang resmi adalah 0218508510 dan 0218508520 atau media sosial resmi seperti Twitter @waskita_karya, Fan page facebook @ptwaskitakarya, Instagram @waskita_karya. 

"Bisa melalui direct message untuk respons cepat. Yang terpenting hindari transaksi uang. Di penipuan iklan lowongan kerja, selain terkesan tergesa-gesa dalam pemanggilan interview atau proses yang sangat cepat, biasanya ada berbagai macam modus agar adanya transaksi uang," jelasnya.

VIVA juga telah menghubungi penyedia platform pencari kerja itu melalui email, namun hingga berita ini dipublish belum ada jawaban.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya