Antam Berminat Caplok 20 Persen Divestasi Saham Vale

Gedung PT Aneka Tambang Tbk.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA – PT Aneka Tambang Tbk atau Antam mengaku berminat membeli saham yang akan didivestasikan oleh PT Vale Indonesia Tbk, berkode saham INCO pada Oktober 2019 mendatang. 

BUMN MIND ID dan Pelindo Dikabarkan Segera IPO

Direktur Utama PT Antam, Arie Prabowo Ariotedjo mengatakan, pihaknya tertarik untuk mengambil divestasi saham tersebut. 

"Oh itu kami tertarik. kan semuanya tergantung penawaran harga, berapa valuasinya dan sebagainya," ujar Arie di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu 29 Agustus 2018.

Harga Emas 18 September 2020: Produk Global Meroket, Antam Stagnan

Menurut Arie, pihaknya masih menunggu persetujuan dari induk perusahaan dan pemegang saham untuk bisa merealisasikan pembelian divestasi saham tersebut. 

"Gini loh, holding bagaimana menguasai cadangan nasional. Jadi, setiap perusahaan mau divestasi, ya kita tertarik. Tertarik bukan harus beli ya. tertarik, tinggal valuasinya oke enggak," ucap dia. 

Erick Thohir: Pembelian Saham Vale Bagian Pengembangan Mobil Listrik

Arie mengungkapkan, pihaknya belum melakukan pembicaraan dengan pihak Vale Indonesia. Namun, ia mengaku bahwa pihaknya tertarik akan adanya rencana divestasi saham dari PT Vale Indonesia tersebut. 

"Belum (ada pembicaraan). Ini kan baru statement saja. Kalau ada rencana, ini ya kami tertarik," ujarnya

Mengenai pendanaan, dia yakin pihaknya tentu akan lebih mudah mendapatkan. Sebab, sudah ada Earning Before Interest Taxes, Depreciation and Amortization (Ebitda) di perusahaan tersebut.

"Kalau mau akuisi, kayak Vale itu lebih mudah kayak project financing. sama halnya (divestasi) PT Freeport Indonesia (pakai jaminan) project financing, karena sudah ada Ebitda," tuturnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya