2018, Kunjungan Turis Asing ke Indonesia Capai 15,8 Juta

Sejumlah wisatawan asing duduk di salah satu restoran di Pantai Gili Trawangan, Desa Gili Indah, Tanjung, Lombok Utara, NTB, Senin, 26 November 2018.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

VIVA – Badan Pusat Statistik atau BPS mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada Desember 2018 sebanyak 1,41 juta. Angka ini naik 21,43 persen dibandingkan dengan November 2018 dan juga naik 22,54 persen dibanding Desember 2017.

Kronologi Tim SAR Gabungan Evakuasi Turis Perancis di Objek Wisata Bukit Sipiso-piso Sumut

Namun begitu, jika diakumulasikan sepanjang 2018, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara hanya mencapai 15,81 juta. Realisasi ini meleset dari target yang ditetapkan pemerintah lewat Kementerian Pariwisata sebanyak 17 juta kunjungan.

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan, pihaknya berharap ke depan jumlah wisatawan mancanegara terus meningkat. Diakui, masih banyak yang perlu dilakukan pemerintah agar jumlah kunjungan turis asing semakin meningkat. 

Jangankan Turis Asing, Predator Seks India Perkosa Biawak Rame-rame demi Nafsu Seksual

"Banyak yang harus dilakukan, benahi infrastruktur di daerah, spot wisata, promosi, agar jumlah wisatawan mancanegara meningkat," kata Suhariyanto di kantornya, Jakarta, Jumat 1 Februari 2019. 

Ia mengatakan, kunjungan wisatawan mancanegara ini menjadi sumber andalan pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa depan selain ekonomi kreatif. Beberapa hal yang menjadi penyebab tidak tercapainya target adalah bencana yang terjadi sepanjang 2018.
 
"Kita perlu ingat di bulan tertentu kemarin bencana yang terjadi juga luar biasa. Tentu pengaruh besarnya, bencana," ucap dia. 

Heboh Bule Lakukan Aksi Cari Pria Lajang di Bali, Reaksi Netizen Bikin Bengong

Di satu sisi, ia mengatakan, selain mancanegara, wisatawan nusantara juga perlu menjadi perhatian. Karena, ini juga akan berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

"Ke depan saya berharap pariwisata bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita," katanya. (art)

Turis asing tersesat jalan masuk ke pondok pesantren di Bangkalan Madura

Viral! Turis Asing Berpakaian Minim Masuk ke Pondok Pesantren Dikira Hotel Penginapan

Empat turis asing, tiga di antaranya wanita berpakaian minimalis, dan satu pria, secara tidak sengaja masuk ke pesantren.

img_title
VIVA.co.id
21 Mei 2024