Jajal MRT, Sofyan Djalil Ceritakan Soal Kendala Pembebasan Lahan

Menteri Agraria/Kepala BPN Sofyan Djalil saat mencoba MRT Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil, berkesempatan untuk mencoba moda transportasi mass rapid transit atau MRT, dari kawasan Lebak Bulus menuju Bundaran HI.

MRT Jakarta Places Ticket Vending Machine to Reduce Queues

Dia mengaku sangat mengapresiasi terwujudnya moda transportasi MRT tersebut, dan berharap bahwa angkutan massal ini bisa menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan lalu lintas Jakarta akibat penggunaan kendaraan pribadi.

"Kita naik tadi dari Stasiun Lebak Bulus ke Bundaran HI untuk mencoba MRT. Alhamdulillah saya pikir MRT ini sangat membanggakan, standar internasional, bersih dan nyamannya luar biasa," kata Sofyan di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Maret 2019.

Langkah MRT Jakarta Atasi Sistem Pembayaran yang Buat Antrean Panjang

"Maka saya ucapkan selamat kepada Pemda DKI dan semua pihak, serta pemerintah yang telah menyelesaikan MRT ini," tambahnya.

MRT Jakarta

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Saat ditanya apa saja kendala yang dihadapi pihaknya dalam hal pembebasan lahan untuk menyelesaikan proyek MRT ini, Sofyan mengaku bahwa pada masa awal pengerjaan, masalah pembebasan lahan itu memang sempat menjadi kendala.

Namun, karena kebijakan soal pembangunan MRT ini merupakan amanah undang-undang, maka dia mengaku bersyukur bisa menyelesaikan kendala tersebut demi lancarnya pembangunan MRT itu.

"Alhamdulillah dengan undang-undang yang ada kita telah mampu selesaikan. Walaupun misalnya perlu berperkara di pengadilan, kita tetap bisa membebaskan lahan. Karena kalau orang tidak setuju dengan kepentingan publik, bisa kita konsinyasi di pengadilan," kata Sofyan.

"Intinya adalah, MRT ini salah satu karya infrastruktur yang dibikin oleh pemerintah, dan alhamdulillah Jakarta sebagai kota yang pertama mempunyai MRT," ujarnya. (ase)

Lihat bagaimana rasanya naik MRT pertama kali pada video di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya