- VIVA.co.id/ Edwin Firdaus
VIVA – Kementerian Perdagangan bekerja sama dengan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) melakukan berbagai macam kegiatan, dalam mempromosikan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) kepada masyarakat tahun ini.
Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Veri Anggrijono, dalam konferensi pers jelang puncak peringatan Harkonas 2019, di Shangri-La Hotel, Jakarta, Kamis, 14 Maret 2019.
"Melalui kegiatan-kegiatan itu, diharapkan masyarakat mengenal Harkonas dan semakin mengetahui pula hak dan kewajibannya sebagai konsumen. Dengan demikian, masyarakat akan menjadi konsumen yang cerdas dan berdaya," ujar Veri didampingi Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional, Ardiansyah.
Menurut dia, kegiatan yang masih berlangsung saat ini adalah pekan diskon secara daring dan luring. Kegiatan berlangsung sejak Selasa, 13 Maret 2019 sampai puncaknya Rabu, 20 Maret 2019.
Veri mengungkapkan, pekan diskon ini dilaksanakan atas kerja sama pihaknya dengan marketplace seperti, Shopee, Blanja.com, Elevenia, Alfamart.com, Matahari.com, dan Gojek.
Sedangkan secara luring, kerja sama dilakukan dengan ritel seperti Indomaret, Alfamart, Matahari Department Store, Sogo Department Store, Alun-Alun Indonesia, Damn I Love Indonesia, Aeon, Kafe Betawi, Bakmi Naga, Ranch Market, dan Farmers Market.
Veri menambahkan, kegiatan lain yang masih berjalan yaitu klinik pengaduan yang digelar Kemendag dan BPKN bersama Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, di Kota Bandung, Jawa Barat.
Acara tersebut berlangsung pada 23 Februari sampai 18 Maret 2019 di sejumlah tempat, seperti di Mal Transmart, Yogya Departement Store, dan Giant. Acara berlangsung setiap Sabtu dan Minggu. "Kegiatan ini diharapkan menggugah masyarakat untuk menyuarakan keluh kesahnya jika merasa dirugikan oleh pelaku usaha," kata Veri.