Digarap Wijaya Karya, Halal Park Ditargetkan Rampung 2020

Menteri BUMN Rini Soemarno.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA – Presiden Joko Widodo menunjuk Kementerian Badan Usaha Milik Negara atau BUMN sebagai koordinator pelaksana tugas pembangunan Halal Park.

Buka Peluang Kerja Sama, Kemenperin Perkenalkan Industri Halal Indonesia ke Kazakhstan

Menteri BUMN, Rini Soemarno mengungkapkan, komitmen pihaknya untuk mengawal dan mendukung pembangunan Halal Park. 

"Kementerian BUMN menginginkan dampak kinerja BUMN, tidak hanya bagus secara kinerja perusahaan, tetapi juga dapat dinikmati oleh masyarakat secara langsung,", ujarnya di Jakarta, Selasa 16 April 2019.

Sektor Unggulan Halal Value Chain Topang 25 Persen Ekonomi Nasional

Dalam tahap pembangunan Halal Park sebagai pusat gaya hidup masyarakat Jakarta, Kementerian BUMN pun menunjuk salah satu perusahaan BUMN, khusus di bidang konstruksi, yaitu PT Wijaya Karya Tbk. 

Direktur Utama WIKA, Tumiyana mengatakan, Halal Park di Jakarta ini akan berdiri di atas luar tanah 21 ribu meter persegi. Konsepnya akan mengelaborasikan desain aktivitas berbasis konsep halal, melalui adaptasi nilai nilai keislaman yang digabungkan dengan budaya Nusantara.

Sambut Industri Halal di Indonesia, Ivan Gunawan Turut Serta

"Pembangunan ini ditargetkan akan selesai di tahun 2020,” ungkap Tumiyana. 

Sebelum diresmikan Jokowi, Menteri BUMN, Rini Soemarno sempat meninjau lokasi miniatur Halal Park di kawasan Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta. Ia juga sempat merapihkan sejumlah dekorasi yang menurutnya tak sesuai. 

Rini tampak didampingi oleh seluruh pejabat eselon I Kementerian BUMN. Tampak pula, sejumlah direksi perusahaan pelat merah. Beberapa di antaranya seperti Direktur Utama PT PLN, Sofyan Basir, Direktur Utama Angkasa Pura II Awalludin, hingga Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmojo. 

Saat mengilingi gerai, Rini juga memantau sejumlah barang yang dipamerkan. Dari minuman hingga pakaian. Dia pun, kemudian mencoba salah satu minuman yang dijajakan di salah satu gerai. 

"Gitu dong, kreatif," kata Rini, saat mengunjungi salah satu gerai dagangan di miniatur halal park. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya