Logo WARTAEKONOMI

Sosok Wanita Terkaya di Rusia

Sosok Wanita Terkaya di Rusia. (FOTO: The Moscow Times)
Sosok Wanita Terkaya di Rusia. (FOTO: The Moscow Times)
Sumber :
  • wartaekonomi

Sosok wanita terkaya kedua di Rusia merupakan mantan guru bahasa Inggris, Tatyana Bakalchuk. Pascaberhenti menjabat sebagai guru, Bakalchuk mendirikan perusahaan e-commerce, Wildberries.

Wildberries beroperasi di wilayah Rusia, Belarus, Kazakhstan, Armenia dan Kirgistan. Perusahaan ini menyediakan sekitar 15 ribu merek dan mampu menarik 2 juta pengunjung setiap harinya. Di tahun 2018, perusahaan besutan ibu dari empat orang anak itu berhasil memproses 400 ribu pesanan online setiap harinya.

Dengan keberhasilannya itu, Bakalchuk memperoleh pendapatan dari Wildberries mencapai US$1,9 miliar atau sekitar Rp26,6 triliun.

Menurut analisis Forbes, perusahaan itu memiliki valuasi sekitar US$1 miliar atau setara Rp14 triliun. Tak heran apabila ia dimobatkan sebagai wanita terkaya di Rusia, pasalnya seluruh saham dari Wildberries di pegang olehnya.

Menurut laporan Morgan Stanley September 2018, pasar e-commerce di Rusia mencapai $18 miliar. Pasar yang cukup besar itu berkembang tanpa ada pemain yang dominan.

Wildberrries hanya menguasai sekitar 4,7% pasar penjualan online di Rusia. Lalu yang paling besar menguasai pasar adalah e-commerce milik perusahaan teknologi raksasa di Rusia, Yandex sebesar 10%.

Wanita Rusia lain yang juga menjadi wanita terkaya di negaranya adalah Elena Baturina. Dia merupakan istri dari salah Walikota Moskow, Yury Luzkhov yang menjabat cukup lama.