Menteri Rini: Masih Ada Kuota Mudik Gratis Bareng BUMN

Menteri BUMN Rini Soemarno.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meninjau proses verifikasi data calon pemudik di acara Mudik Bareng BUMN 2019 yang pendaftarannya digelar di Gedung Nyi Ageng Serang, Kuningan, Jakarta. Dalam kegiatan kali ini, Jasa Raharja ditunjuk sebagai Ketua Satgas Mudik Bareng BUMN. 

Arus Balik Gratis Sepeda Motor Semarang-Jakarta, Pelni Wanti-wanti Ini

Pantauan VIVA saat meninjau, Rini tampak didampingi oleh Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Rahardjo S. Ia berkeliling menyapa para peserta mudik dengan tujuan daerah yang berbeda-beda. 

Rini mengatakan, proses pendaftaran masih terus berlangsung. Setidaknya, sudah ada 42 ribu pemudik yang terverifikasi dari total target pemudik yang diberangkatkan sejumlah 250 ribu pemudik. 

Pj Gubernur Sumsel Sebut Program Mudik Gratis Upaya Cegah Kemacetan

"Masih ada (kuota). Tapi yang terverifikasi 42 ribu. Sudah ambil tiket dan siap berangkat," kata Rini di sela peninjauan, Jumat 10 Mei 2019. 

Menurut Rini, pendaftaran dan proses verifikasi data bagi calon pemudik tahun ini lebih lancar. Setidaknya ada 104 BUMN yang mengikuti Mudik Bareng BUMN pada tahun ini, atau meningkat 67,74 dibanding 2018 yang diikuti oleh 62 BUMN. 

Lepas Keberangkatan Mudik Gratis Gunakan Kereta, Pj Gubernur Sumsel Sampaikan Pesan Ini ke Pemudik

"Sekarang jauh lebih lancar daftarnya sehingga merasa lebih nyaman," kata dia. 

Rini menjelaskan target peserta Mudik Bareng BUMN 2019 secara rinci sebanyak 250.338 pemudik. Angka ini naik 22,32 persen dibandingkan realisasi pemudik pada 2018 sebesar 204.146 pemudik. 

"Jadi naik 20 sampai 25 persen. Tahun lalu itu hampir 200.400 orang. Sekarang 250.300 orang," kata dia. 

Di tempat yang sama Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Rahardjo mengatakan, verifikasi yang dilakukan hari ini khusus untuk pemudik yang menggunakan bus. Para peserta mudik sebelumnya harus mendaftar secara online terlebih dahulu dan dilakukan verifikasi pada hari ini. 

"Setelah verifikasi lolos, semuanya selesai, maka mereka mengambil kaos, topi sama tiket bis. Sehingga pada tanggal 30 mereka sudah siap berangkat ke beberapa kota tujuan," jelas dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya