96 Persen Pemudik Isi BBM Pertamax di Tol Trans Jawa

Pertamax
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – PT Pertamina mencatat bahan bakar mineral jenis Pertamax pada masa mudik Lebaran 2019 sudah menjadi konsumsi utama masyarakat, ketimbang tahun lalu yang masih didominasi oleh bahan bakar jenis premium.

BBM Ini Bukan Pengganti Pertalite, Petugas SPBU Salah Sebut

Konsumsi Pertamax di SPBU Tol Trans Jawa misalnya, mengalami kenaikan lebih dari 96 persen atau sebanyak 179 ribu liter per hari dibandingkan rata-rata harian normal. Sedangkan tahun lalu masih didominasi Premium sebanyak 32 ribu kilo liter secara nasional.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, konsumsi Pertamax di SPBU Tol Trans Jawa bahkan saat puncak konsumsi arus mudik pada 4 Juni 2019 mengalami peningkatan sebesar 256 persen dari rata-rata harian normal atau sebesar 477 ribu liter.

Pertamina Sumbagut Jamin Ketersediaan Avtur Cukup dan Aman Selama Penerbangan Haji

"Peningkatan konsumsi Pertamax di SPBU Tol Trans Jawa merupakan yang paling tinggi dibandingkan produk gasoline Pertamina lainnya, hal ini jadi bukti pemudik memilih BBM berkualitas beroktan tinggi untuk mendapatkan performa mesin yang prima selama mudik," kata dia seperti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu, 8 Juni 2019.

Berdasarkan pantauan penyaluran BBM di SPBU Tol Trans Jawa hingga 5 Juni 2019, dia mengatakan, produk unggulan Pertamina lainnya yaitu Pertamax Turbo dan Pertamina Dex juga mengalami kenaikan yang signifikan sekitar 71 persen dan 63 persen. Sementara Pertalite mengalami kenaikan 54 persen dan Premium naik 39 persen.

Kemendesa & PDTT Apresiasi Dukungan Pertamina Percepat Pertumbuhan Ekonomi di Wilayah Transmigrasi

Fajriyah pun mengimbau untuk kenyamanan pada arus balik, pemudik agar melakukan pengisian penuh tangki BBM atau full tank sebelum berangkat dan saat di SPBU untuk menghindari penumpukan kendaraan di titik pengisian.

"Kami mengimbau kepada seluruh pengendara untuk mengisi full tank dulu di SPBU wilayah keberangkatan, kemudian segera mengisi penuh jika kondisi tanki sudah terpakai setengah", jelasnya. 

Meski begitu, dia memastikan Pertamina terus menyiagakan sebanyak 83 SPBU dan layanan tambahan Tol Trans Jawa sebagai antisipasi untuk memenuhi minat pemudik yang menggunakan jalur darat sebagai moda transportasi. 

Untuk mengetahui lokasi SPBU Tol Trans Jawa, pemudik dapat mengakses melalui https://www.pertamina.com/id/info-mudik-pertamina-2019 atau menghubungi call center Pertamina di nomor 135.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya