Logo WARTAEKONOMI

Mengenal Ping An, Asuransi Asal China yang Bikin Heboh Indonesia

Ramai Dibicarakan, Ini Loh Ragam Bisnis Perusahaan Asuransi China Ping An. (FOTO: Reuters)
Ramai Dibicarakan, Ini Loh Ragam Bisnis Perusahaan Asuransi China Ping An. (FOTO: Reuters)
Sumber :
  • wartaekonomi

Kabar mengenai pertemuan Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, dengan salah satu petinggi Asuransi Ping An (Ping An Insurance) pada bulan lalu membuat perusahaan itu jadi bahan pembicaraan.

Namun, sebenarnya bagaimana model bisnis dari Ping An? Insurance Group merupakan perusahaan asuransi teknologi (insurtech) yang beroperasi di China.

Ping An memanfaatkan analisis big data untuk mengakuisisi pelanggan baru serta merancang inovasi dan produk, menurut laporan Nikkei Asian Review, dilansir Senin (26/8/2019). Satu persen dari pendapatan tahunan Ping An digunakan untuk penelitian dan pengembangan.

"Perusahaan berupaya untuk menghimpun lebih dari 500 juta pengguna internet di China," tulis Nikkei dalam laporannya.

Strategi Ping An adalah memahami kebutuhan asuransi konsumen berdasarkan data yang dikumpulkan melalui layanan daring. Tahun lalu, 36 persen dari 40 juta pelanggan baru perusahaan didapatkan dari cara tersebut.

Lini bisnis Ping An terdiri atas unit teknologi dan bisnis. Bahkan, dua unit teknologinya sudah melantai di bursa, menurut Co-CEO Ping An Insurance Group, Jessica Tan.

Saat ini, perusahaan telah melayani 403 juta pengguna dan memelopori sistem manajemen kesehatan berbasis teknologi di 282 kota di negeri tirai bambu, berdasarkan keterangan tertulis Luhut, Minggu (25/8/2019).