Arus Modal Asing Masuk ke Tanah Air Capai Rp189 Triliun

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mencatat, hingga 19 September 2019, total jumlah modal asing  yang masuk ke Indonesia mencapai angka Rp189,9 triliun.

Persetujuan ETF oleh SEC Dongkrak Harga Ethereum, Begini Penjelasannya

Dia pun merinci, capital inflow itu masuk dengan membonceng sejumlah instrumen, seperti misalnya portofolio Surat Berharga Negara (SBN), pasar saham, serta obligasi koorporasi.

"Yang melalui portofolio SBN Rp130,9 triliun, ke pasar saham Rp56,8 triliun, dan melalui obligasi koorporasi Rp2,3 triliun," kata Perry di kantornya, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat 20 September 2019.

Kenaikan IHSG Masih Bersifat Teknikal Rebound, Cek Saham-saham Pilihannya

Perry menegaskan bahwa dengan demikian, bisa dipastikan bahwa antusiasme dan tingkat kepercayaan para investor global dalam menanamkan modalnya di Tanah Air, hingga saat ini masih cukup besar.

"Kalau saham, sesuai dengan perkembangan global, memang masih mengalami outflow Rp1,81 triliun per 19 September. Tetapi, untuk SBN masih inflow Rp1,5 triliun," kata Perry.

Dibuka Menghijau, IHSG Berpotensi Terkoreksi karena Faktor Ini

Hal itu, tentunya merupakan buah dari kerja sama dan koordinasi antarlembaga, seperti misalnya BI, OJK, dan lembaga pemerintah terkait lainnya, dalam menetapkan sejumlah kebijakan yang mampu menopang stabilitas perekonomian nasional.

"Masuknya investasi portofolio itu merupakan bentuk kepercayaan dari pasar terhadap kebijakan nilai tempuh dari BI dan OJK, terhadap imbal hasil di Indonesia," ujarnya. (asp)
 

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk

Mitra Pinasthika Mustika Bagikan Dividen Rp 115 per Saham, Intip Jadwalnya

PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) membagikan dividen final tunai sebesar Rp 115 per saham untuk tahun buku yang berakhir 31 Desember 2023.

img_title
VIVA.co.id
29 Mei 2024