Kabar Baik dari BKPM, Pengajuan Izin Usaha pada Agustus Pecah Rekor

Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).
Sumber :
  • google Street

VIVA – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengklaim terjadi lonjakan luar biasa pengajuan Nomor Induk Berusaha (NIB) pada Agustus 2020 dibanding bulan sebelumnya. Bahkan, dianggap memecahkan rekor baru.

Menteri Bahlil Sebut Penyerapan Tenaga Kerja di Q1-2024 Tertinggi Sepanjang Sejarah

Juru Bicara BKPM Tina Talisa mengatakan, Jumlah pengajuan NIB yang dicatatkan oleh sistem Online Single Submission (OSS) pada Agustus 2020 sebanyak 126.878 permohonan. Melonjak 165,9 persen dibandingkan Juli 2020. 

"Hal ini menjadi kabar sangat baik. Karena di masa pandemi Virus Corona atau COVID-19, pengajuan NIB terendah pernah terjadi pada bulan Mei 2020 dengan jumlah 28.562 pemohon," kata dia, Rabu, 16 September 2020.

OJK Cabut Izin Usaha BPR Bali Artha Anugrah karena Tak Kunjung Sehat

Baca juga: Ahok Bongkar Aib Pertamina, Said Didu: Dia Sudah Menyerah

Berdasarkan data Pusat Komando Operasi dan Pengawalan Investasi BKPM, pencapaian Agustus tersebut dikatakannya belum pernah terjadi sebelumnya. Sebab, rata-rata pengajuan di bawah 100 ribu dalam sebulan pada tahun ini.

Menteri Bahlil Sebut Ada Pihak Ingin Jegal Hilirisasi di Indonesia

"Jumlah pengajuan di bulan ini dua kali lipat dari rata-rata per bulan selama periode Januari – Agustus 2020, bahkan angka ini lebih besar dari sebelum pandemi," ungkap Tina.

Tina melanjutkan, dari total pengajuan bulan itu, sebanyak 82,2 persen dari NIB berasal dari sektor Usaha Kecil Menengah  (UKM), yakni sebesar 104.240 pemohon. Melonjak drastis dari rata-rata catatan pertumbuhan per bulannya yang sebesar 64,3 persen NIB.

"Kami harap ini menjadi sinyal positif di tengah tekanan ekonomi masa pandemi. Banyak UMKM yang lahir dan menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga dapat memutar roda perekonomian bangsa,” ungkapnya.

Setelah sektor UMK yang mendominasi, jumlah pengajuan usaha non-perseorangan merupakan terbesar kedua, yaitu mencapai 20.161 NIB. Kemudian, pengajuan bagi usaha perseorangan sebesar 2.436 dan pengajuan pembukaan Kantor Perwakilan Perusahaan Asing sebesar 42 pemohon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya