KPR BTN HUT ke-44, Lebih dari 5 Juta Orang Rasakan Manfaatnya

HUT KPR BTN ke-44.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

VIVA – PT Bank Tabungan Negara Tbk merayakan hari ulang tahun Kredit Perumahan Rakyat (KPR) di Indonesia yang ke-44 pada hari ini. BTN diketahui adalah bank pertama yang menyalurkan KPR yang kini sudah dinikmati oleh lebih dari 5 juta masyarakat Indonesia.

Gelar Malam Nuzulul Quran, Bos BNI Harap Jadi Momen Evaluasi hingga Peningkatan Integritas

Direktur Utama BTN, Pahala Nugraha Mansury, mengatakan, pihaknya terus berinovasi dan mengembangkan produk KPR agar mudah dijangkau seluruh segmen masyarakat. Bahkan di tengah pandemi, BTN tetap menjalankan perannya untuk mendukung Program Sejuta Rumah yang diinisiasi oleh Presiden RI, Joko Widodo sejak 2015.

Baca jugaRokok Makin Mahal 2021, Ini Daftar Kenaikan Harga Ecerannya

BRI Targetkan Penyaluran 20.000 Unit KPR FLPP di 2024, Simak Persyaratannya!

"Sudah genap 44 tahun penuh dengan tantangan yang selalu memotivasi kami untuk memberikan yang terbaik bagi nasabah, mendukung pemerintah dalam misinya menyejahterakan masyarakat dan menjadikan BTN sendiri sebagai bank KPR terbaik di Indonesia maupun di Asia Tenggara kelak," ujar Pahala saat konferensi pers HUT ke-44 KPR BTN di Jakarta dan secara virtual, Rabu 10 Desember 2020.

Pahala menceritakan, selama 44 tahun sejak akad KPR perdana dilakukan di Semarang, Jawa Tengah hingga hari ini, BTN telah mengucurkan pembiayaan KPR senilai Rp317 triliun yang dinikmati lebih dari 5 juta masyarakat di seluruh Indonesia. Sebanyak 76 persennya mengalir ke segmen KPR subsidi, sisanya ke segmen KPR nonsubsidi.

Jokowi Terima Surat Kepercayaan dari 12 Duta Besar di Istana

Dengan track record tersebut, bank yang dulunya bernama Postpaarbank, kini menguasai pangsa pasar KPR subsidi maupun nonsubsidi sebesar lebih dari 40 persen. Sementara itu, khusus pada segmen KPR subsidi, secara akumulasi sejak 2010 hingga November 2020 BTN menguasai pangsa pasar sebesar 89 persen.

Dia mengakui, besarnya pangsa pasar dan penyaluran KPR subsidi tak lepas dari dukungan skema subsidi yang diputuskan pemerintah. Mulai dari Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Bantuan Uang Muka, Subsidi Selisih Bunga (SSB), dan juga KPR Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT). 

Sementara itu, untuk segmen KPR nonsubsidi, BTN baru-baru ini meracik program KPR khusus menyesuaikan dengan segmen yang dibidik. Misalnya KPR Gaess For Millenials untuk generasi milenial yang ingin berinvestasi atau memiliki rumah pertamanya dan KPR Patriot yang digarap khusus bagi TNI dan Polri.  

BTN pun kini beradaptasi dengan cepat di era disrupsi teknologi. Dengan pengembangan fitur-fitur di mobile banking-nya dan juga meningkatkan performa portal aplikasi KPR online di www.btnproperti.co.id dan lelang rumah online di www.rumahmurahbtn.co.id.

“Produk KPR yang kami berikan menyesuaikan dengan segmen masyarakat yang beragam, dan kami berterima kasih kepada seluruh stakeholder seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian BUMN yang mendukung BTN sehingga dapat menawarkan produk KPR yang disukai masyarakat,” kata Pahala.

Terkait dengan ulang tahun KPR, Pahala mengatakan, pihaknya memberikan beragam program promosi. Antara lain suku bunga kredit untuk KPR mulai 4,44 persen fixed selama 1 tahun, serta bebas biaya-biaya seperti biaya administrasi, appraisal, dan provisi. Ada pula tambahan top up tabungan senilai Rp144 ribu hingga Rp440 ribu tergantung besaran plafon yang diterima.

“Promo yang kami gelar, merupakan persembahan bagi masyarakat yang selama ini mempercayai BTN sebagai pilihannya tidak hanya untuk KPR tapi juga menabung,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya