BTN Siapkan Uang Tunai Rp19,9 Triliun Periode Liburan Nataru

ATM BTN.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

VIVA – PT Bank Tabungan Negara Tbk menyiapkan dana tunai senilai total Rp19,9 triliun selama libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru). Uang tunai tersebut untuk menjamin kebutuhan dana nasabah selama periode tersebut.

Aset yang Disita dari Skandal Korupsi Timah Harvey Moeis Cs Belum Sampai Rp 300 M

Corporate Secretary BTN, Ari Kurniaman, menuturkan antisipasi dilakukan pihaknya karene kebutuhan uang tunai jelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 berpotensi mengalami peningkatan.

“Kami proyeksikan, total dana tunai yang kami siapkan tersebut dapat menjamin tercukupinya kebutuhan dana tunai bagi nasabah selama 14 hari terhitung dari 21 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021,” kata Ari dikutip dari keterangannya, Selasa 22 Desember 2020.

Dilema Air Minum Dalam Kemasan

Baca juga: Jalur Pansela Tersambung Seluruhnya Paling Lambat 2024

Menurutnya, BTN memproyeksikan ada kebutuhan dana kas sebesar Rp1,42 triliun per hari selama masa libur panjang tersebut. Kebutuhan likuiditas tersebut mencapai 1,35 kali dari maksimal likuiditas Kantor Cabang. 

Buka Layanan Tukar Uang Lebaran di Istora, BI Sebut Kuota Sudah Penuh 

Ari menjelaskan, dari total dana yang disiapkan emiten bersandi saham BBTN tersebut, sebanyak 25 persen atau setara Rp4,9 triliun dialokasikan untuk mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Kemudian, sekitar 75 persen sisanya atau setara Rp14,9 triliun dialokasikan untuk kas Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, dan Kantor Kas BTN di seluruh Indonesia. 

Selain itu, menurut Ari, alokasi dana tersebut juga telah memperhitungkan peningkatan transaksi digital channel delivery BTN. Perseroan juga telah memperhitungkan pengurangan jumlah hari libur. 

“Nasabah juga dapat dengan mudah menggunakan fasilitas mobile banking BTN kapan saja, dimana saja dengan mudah dan cepat dapat digunakan untuk menambah kenyamanan nasabah dalam bertransaksi khususnya selama liburan berlangsung,” kata Ari. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya