Basuki: 13 Program Padat Karya Serap 100 Persen Tenaga Kerja

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono
Sumber :
  • VIVAnews / Eduward Ambarita

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menjelaskan bahwa acara keseluruhan progres penyerapan tenaga kerja pada 16 program padat karya tunai (PKT) per 21 Desember 2020, telah mencapai 98,86 persen atau sebanyak 631.723 orang.

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI Jakarta, Menteri Basuki Buka Suara

"Di mana sebanyak 13 program PKT di antaranya telah (menyerap tenaga kerja) mencapai 100 persen," kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 26 Desember 2020.

Basuki pun merinci program PKT bidang apa saja yang telah menyerap 100 persen dari target tenaga kerjanya. Program itu terdiri dari bidang Sumber Daya Air (SDA), yakni Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang menyerap 200 ribu tenaga kerja dan tersebar di 10 ribu lokasi.

Menteri Bahlil Sebut Penyerapan Tenaga Kerja di Q1-2024 Tertinggi Sepanjang Sejarah

Kemudian ada juga pekerjaan Operasi dan Pemeliharaan (OP) Air Tanah dan Air Baku sebanyak 2.449 orang, OP Irigasi dan Rawa sebanyak 17.090 orang, OP Sungai dan Pantai sebanyak 13.131 orang, dan Tugas Pembantu OP Irigasi dan Rawa sebanyak 13.247 orang. 

Selanjutnya di bidang infrastruktur jalan dan jembatan, melalui pekerjaan revitalisasi drainase di 34 provinsi bidang pekerjaan itu tercatat telah menyerap 42.215 pekerja.

Siapkan Tenaga Kerja yang Kompeten, Kemnaker Ajak Jepang Investasi Pelatihan Bahasa

Pada PKT ini, dilaksanakan beberapa pekerjaan diantaranya pembersihan saluran, jembatan, patok dan rambu serta pengecatan sederhana median, jembatan dan pengendalian rumput pada bahu jalan rumija.

Selain itu, serapan 100 persen dari target tenaga kerja juga telah dicapai seluruh program PKT yang rutin dilaksanakan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, seperti Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) yang mampu menyerap sebanyak 15 ribu orang.

Ada juga program penataan Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) sebanyak 12.979 orang, Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) sebanyak 2.100 orang, Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) sebanyak 48.060 orang, dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) sebanyak 15.705 orang. 

Kemudian, di Bidang Perumahan melalui program peningkatan kualitas rumah swadaya dan pembangunan baru rumah swadaya juga telah mencapai target 100 persen, yakni sebanyak 225.919 tenaga kerja. PKT bidang perumahan ini dilaksanakan melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), yang menangani lebih dari 228 ribu unit rumah tidak layak huni.

"Dengan stimulus yang diberikan Kementerian PUPR, timbul prakarsa dan upaya masyarakat dengan menumbuhkembangkan keswadayaan penerima bantuan," ujar Basuki. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya