Stok Langka, Harga Cabai Meroket Capai Rp86 Ribu per Kg

Ilustrasi-Cabai merah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

VIVA – Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di tengah pandemi COVID-19, berdampak pada lonjakan harga beberapa bahan pokok. Harga cabai meroket di beberapa pasar tradisional Jakarta Barat.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Barat, Iwan Indriyanto, membenarkan adanya lonjakan harga salah satu bahan penting bumbu masak tersebut.

"Kami memantau ketersediaan dan harga pangan pada masa penerapan PPKM. Ada sedikit lonjakan harga pada komoditas cabai rawit merah dan hijau," ujar Iwan dikonfirmasi, Kamis, 21 Januari 2021.

Daftar Harga Pangan 21 Mei 2024: Beras hingga Telur Ayam Naik

Iwan menjelaskan bahwa saat ini harga cabai rawit bahkan bisa di atas Rp80 ribu per kilogram. Menurutnya kenaikan harga cabai terjadi di tengah sulitnya bahan baku tersebut. "Untuk cabai rawit rata-rata masih tinggi, ada yang mencapai rata-rata Rp86.000 per kilogram," ujarnya.

Baca juga: Rupiah Menguat Dipengaruhi Prospek Ekonomi Dunia

Diketahui sebelumnya, harga cabai rawit merah biasanya berkisar di harga Rp60.000. Adapun, kenaikan harga cabai terjadi di beberapa pasar di Jakarta Barat, termasuk Pasar Kalideres, Pasar Tomang Barat, Pasar Ganefo, Pasar Pos Pengumben, Lokbin Meruya, Pasar Pecah Kulit Tamansari dan Pasar Jembatan Besi.

Karena kenaikan harga tersebut, pihak Sudin KPKP menggelar gerakan pangan murah untuk menjual langsung beberapa komoditas dengan harga di bawah pasaran.

Daftar Harga Pangan 17 Mei 2024: Bawang hingga Daging Sapi Naik

Iwan menjelaskan bahwa gerakan pangan murah digelar berkat kerja sama dengan PD Pasar Jaya, dan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian. "(Mengadakan) gerakan pangan murah, melalui penjualan langsung dengan harga di bawah pasaran, guna menekan tingginya harga tersebut," ujarnya.

Gerakan pangan murah sendiri dilaksanakan di Pasar Tomang Barat, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Dalam kegiatan tersebut, sebanyak delapan komoditas pangan dijual, yakni beras, gula pasir, minyak goreng, cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, dan telur ayam.

Di situ, cabai rawit merah dijual dengan harga Rp60 ribu per kilogram, sementara cabai merah keriting dijual dengan harga Rp40 ribu per kilogram.

Ilustrasi barang pangan pendorong inflasi.

Daftar Harga Pangan 22 Mei 2024: Bawang Putih, Cabai, hingga Daging Sapi Naik

Harga pangan terpantau mengalami kenaikan di beberapa komoditas. Di antaranya pada bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, daging sapi hingga minyak goreng

img_title
VIVA.co.id
22 Mei 2024