Sudah 8 Stasiun Kereta yang Layani Pemeriksaan GeNose

Pengguna GeNose di Stasiun Tawang, Semarang, Jawa Tengah.
Sumber :
  • Teguh Sutrisno/VIVA.

VIVA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang mulai hari ini, Senin 15 Februari 2021 mulai melayani pemeriksaan COVID-19 GeNose C19. Pembukaan layanan tersebut bersamaan dengan 5 stasiun lainnya yang juga melayani pemeriksaan GeNose C19. 

Urai Kemacetan Perlintasan KA di Poris, Pemkot Tangerang Bangun Dua U-Turn

Yaitu Stasiun Semarang Tawang, Pasarturi Surabaya, Stasiun Cirebon, Stasiun Gambir, Stasiun Balapan Solo, dan Stasiun Bandung. Ditambah Stasiun Senen dan Stasiun Yogyakarta yang sudah lebih dulu buka, berarti ada 8 stasiun yang kini melayani pemeriksaan GeNose C19.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro menjelaskan, salah satu syarat pemeriksaan GeNose C19 di stasiun adalah calon penumpang harus sudah punya tiket atau kode booking KA jarak jauh. Dan, tentu saja sudah melunasi pembayaran.

Taiwan Siap Berbagi Pengalaman Pelayanan Medis dengan Indonesia

Baca juga: Masih Galau Lanjutkan Ganjil Genap di Bogor, Bima Arya Kaji 3 Hal Ini

"Syarat lainnya, sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon tidak boleh makan dan minum kecuali air putih, serta tidak boleh merokok. Minimal 30 menit sebelumnya ya, itu untuk akurasi hasil pemeriksaan GeNose C19," jelasnya.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Pemeriksaan dilakukan dengan cara penumpang meniup kantong hingga penuh, lalu udara yang tertampung diperiksa dengan mesin GeNose buatan UGM tersebut.

"Tesnya mudah, pokoknya ikuti arahan petugas," lanjutnya.

Layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Tawang dikenakan tarif yqb sama dengan stasiun di seluruh Indonesia yang membuka layanan GeNose yaitu 20 ribu rupiah.

Laporan Teguh Sutrinso

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya