Rekam Jejak Haru Koesmahargyo, Direktur Utama BTN yang Baru

Jajaran petinggi baru BTN.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

VIVA – Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Tabungan Negara Tbk yang digelar hari ini telah menetapkan Haru Koesmahargyo menjadi Direktur Utama BTN. Haru dikenal sebagai salah satu bankir terkemuka di Tanah Air. Lantas, siapa sebenarnya sosok Haru sebelum jadi Dirut BTN?

Ringankan APBN, Indonesia Re Godok Skema Pembiayaan Rekonstruksi Akibat Bencana

Seperti dirangkum VIVA, Haru diketahui merupakan lulusan Teknologi Pertanian di Universitas Brawijaya pada tahun 1984-1989. Selanjutnya, gelar magister pun berhasil diraihnya dari studi Investment Banking di Emory University, USA.

Kemudian pada tahun 1994, Haru pun tercatat pernah menjadi bankir di BRI sebagai Senior Trader Money Market and Fixed Income Securities Desk hingga tahun 1998.

Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Semakin Moncer

Baca juga: Kadin Serap Masukan 30 Asosiasi untuk Pemulihan Ekonomi Nasional

Setelah itu, karier Haru terbilang moncer hingga berhasil menduduki jabatan Kepala Desk Hubungan Investor Divisi Sekretariat Perusahaan BRI, pada 2009 sampai 2011.

Kementerian BUMN Ungkap Nasib Indofarma yang Kesulitan Bayar Gaji Karyawan

Dalam rentang karier Haru di antara tahun 2011-2014, dia berhasil menyandang posisi General Manager BRI di Kantor Cabang Luar Negeri New York. Capaian itu pun terus dikejarnya, hingga berhasil mendapuk posisi sebagai Kepala Divisi Treasury di kantor Pusat BRI pada tahun 2014-2015.

Selama setahun memegang posisi di treasury, Haru kemudian diangkat  menjadi Direktur Keuangan BRI pada tahun 2015 hingga Januari 2021. Hingga akhirnya, Haru berhenti menjadi Direktur Keuangan BRI dalam RUPSLB pada Januari 2021, dan kemudian diangkat sebagai Direktur Utama BTN hari ini.

Sebagai Bankir di BTN, Haru diketahui menggantikan posisi Pahala Mansury yang saat ini telah diangkat menjadi Wakil Menteri BUMN mendampingi Erick Thohir. Posisi itu diamanahkan kepadanya, guna menggantikan kursi yang ditinggalkan Budi Gunadi Sadikin yang saat ini telah menjadi Menteri Kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya