Contoh Slip Gaji, Salah Satu Dokumen Penting di Dunia Kerja

uang
Sumber :

VIVA – Slip gaji merupakan dokumen penting dalam dunia kerja yang berguna bagi sebuah perusahaan dan seorang karyawan. Mengingat slip gaji merupakan dokumen penting, simak penjelasan beserta contoh slip gaji berikut ini.

Rugikan Perusahaan Singapura Rp32 Miliar, Sindikat Manipulasi Data Email Dicokok

Secara umum, slip gaji adalah dokumen atau bukti autentik penerimaan gaji karyawan dari pemberi kerja kepada pekerja yang mencantumkan rincian atau sekadar ringkasan terkait gaji yang dibayarkan.

Slip gaji ini diterbitkan oleh setiap perusahaan yang menggaji karyawan, baik dalam bentuk take home pay atau jenis lainnya. Hal tersebut sesuai dengan Pasal 17 ayat 2 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 yang berbunyi, “Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah yang memuat rincian upah yang diterima pekerja saat upah dibayarkan.”

2 Orang Ini Siap Mengawal Laju Bisnis Perusahaan

Selain menjadi kewajiban perusahaan dan hak karyawan, slip gaji juga berfungsi sebagai syarat administrasi untuk mengurus beberapa hal. Mari simak penjelasan beserta contoh slip gaji berikut ini.

Komponen Slip Gaji

Ringankan APBN, Indonesia Re Godok Skema Pembiayaan Rekonstruksi Akibat Bencana


1. Gaji Pokok

Gaji pokok merupakan gaji dasar yang ditentukan dalam sebuah perusahaan atau instansi berdasarkan jabatan atau jenjang karir tertentu. Nah, melalui gaji pokok ini dapat dilihat kualifikasi dan kompetensi dari penerima slip gaji tersebut.

2. Tunjangan

Tunjangan adalah pelengkap dari gaji pokok yang fungsinya bersifat sosial atau insentif. Contohnya seperti tunjangan jabatan, transportasi, makan, dan sebagainya. Tunjangan ini kemudian dibagi lagi menjadi dua tipe, yaitu tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap.

3. Potongan

Potongan yang diambil dari hal-hal yang terkait dengan karyawan bersangkutan, misalnya seperti potongan pajak penghasilan (PPh) hingga potongan asuransi.

4. Lembur

Menurut Menakertrans No.102/MEN/VI/2004, lembur merupakan waktu kerja yang melebihi 7 jam dalam sehari dan 40 jam dalam seminggu. Dengan ini, apabila karyawan mendapatkan waktu lembur, maka sudah selayaknya karyawan mendapatkan tambahan uang lembur.

5. Komisi

Komisi atau bonus umumnya dimasukkan dalam kategori pendapatan tidak tetap yang biasanya ditentukan berdasarkan performa kerja karyawan atau hal lainnya.

Begini Contoh Surat Keterangan Penghasilan dan Cara Pembuatannnya


Format Slip Gaji

1. Nama Perusahaan

Dalam slip gaji, nama perusahaan harus tercantum jelas karena berfungsi untuk memastikan bahwa perusahaan yang bersangkutan memang benar mengeluarkan slip gaji tersebut.

2. Pernyataan Kerahasiaan Dokumen

Selain itu, slip gaji juga selayaknya mencantumkan pernyataan bahwa dokumen tersebut merupakan dokumen rahasia yang hanya boleh diketahui karyawan yang bersangkutan saja.

Pernyataan tersebut bisa diletakkan di bawah nama perusahaan menggunakan kalimat “private and confidential” atau jenis lainnya.

3. Tanggal Pembayaran dan Data Karyawan

Setelah kedua komponen tersebut, slip gaji juga harus mencantumkan tanggal pembayaran dan data karyawan dengan jelas.

Data tersebut meliputi nama, nomor pegawai, dan nomor pokok wajib pajak (NPWP).

4. Jumlah Gaji dan Potongan

Selanjutnya, komponen yang harus ada dalam slip gaji adalah rincian gaji termasuk dengan potongan.

5. Keterangan Lengkap Pembayaran

Komponen terakhir yang harus ada didalam slip gaji adalah keterangan pembayarannya yang mencakup penghasilan tahun berjalan sebelum dikurangi pajak dan sesudah dikurangi pajak, pajak bulan berjalan, total yang diperoleh karyawan, disertai bank yang terkait.

Contoh Slip Gaji Karyawan


1. Contoh Slip Gaji 1


2. Contoh Slip Gaji 2


3. Contoh Slip Gaji 3


Fungsi Slip Gaji
 

1. Mengajukan Kredit

Slip gaji umumnya menjadi persyaratan administrasi wajib untuk pengajuan kredit, baik itu alat elektronik atau jenis kredit lainnya. Dokumen ini menjadi penentu pertimbangan kemampuan membayar pengajuan dalam membayar besaran cicilan per bulannya.

2. Mengajukan KPR

Sama halnya dengan kredit barang, slip gaji juga kerap kali dijadikan persyaratan untuk pengajuan program Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Umumnya, besaran gaji bulanan harus lebih besar tiga kali lipat dari cicilan perbulan.

3. Melamar Pekerjaan Baru

Dalam memproses rekrutmen karyawan baru, biasanya ada perusahaan yang menjadikan slip gaji sebagai salah satu dokumen untuk persyaratan administrasi. Slip gaji ini akan digunakan oleh pihak HR sebagai patokan dalam bernegosiasi tentang gaji.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya