Jelang WSBK, Bandara Internasional Lombok Semakin Ramai

Bandara Internasional Lombok (LIA) di Praya, Lombok - Maskapai Garuda Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

VIVA – Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat mulai ramai jelang penyelenggaraan ajang Wolrd Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika 19-21 November mendatang. Jumlah penumpang pesawat yang turun di bandara itu meningkat.

Tak Banyak Tombol Fisik di Cloud EV, Ini Kata Wuling

"Kenaikan penumpang pesawat di Bandara Lombok itu sekitar 21 persen," ujajr Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, Arif Haryanto di Praya, Rabu, 17 November 2021.

Dia menjabarkan, dari data pergerakan penumpang, rata-rata 4.000 penumpang perhari tiba dan berangkat dari Bandara Lombok, selama November ini. Sedangkan rata-rata pergerakan penumpang pada Oktober 2021 yaitu 3.300 penumpang per hari.

Usai Keributan Avsec dengan Penumpang, AP II Bandara Soetta Minta Penumpang Perhatikan Barang Bawaan

"Per hari saat ini bisa mencapai 4.000 penumpang atau terjadi peningkatan sekitar 21 persen," katanya.

Baca juga: Menko Luhut Punya Kejutan Bagi Konsumen Kendaraan Listrik 6 Bulan Lagi

Pendapatan Garuda Indonesia Kuartal I-2024 Naik 18,07 Persen

Sementara itu, pergerakan pesawat di Bandara Lombok baik datang maupun berangkat itu mencapai 40 pesawat per hari menjelang WSBK. Sedangkan pada bulan Oktober lalu pergerakan pesawat itu sekitar 30 pesawat per hari.

"Pergerakan pesawat juga ikut meningkat sekitar 20 persen. Semoga ke depan bisa lebih meningkat lagi," katanya.

Seperti diketahui, pengembangan fasilitas Bandara Lombok telah tuntas dikerjakan. Sehingga telah siap mendukung serta menyambut kedatangan logistik dan penonton pada ajang IATC dan WSBK yang akan digelar di Sirkuit Mandalika Lombok.

"Pembangunan perpanjangan runway, perluasan terminal kargo dan pengembangan fasilitas pendukung lainnya di Bandara Lombok telah tuntas dan siap mendukung WSBK," katanya.

Sirkuit Mandalika

Photo :
  • VIVA/Satria Zulvikar

Selain itu Menjelang ajang balapan di Sirkuit Pertamina Mandalika, pengamanan di Bandara Lombok Internasional telah dimantangkan.

“Simulasi pengamanan di Bandara Lombok ini bertujuan untuk menguji prosedur penanganan keadaan darurat yang tertuang dalam dokumen Program Keamanan Bandar Udara (PKBU)," kata General Manager Bandara Lombok Nugroho Jati.

Dikatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan personel, penyamaan persepsi, serta cara bertindak dari setiap personel di lapangan dari masing-masing instansi yang tergabung dalam Airport Security Committee (ASC).

"Ini dalam rangka mendukung kelancaran penyelenggaraan IATC dan WSBK 2021 di Mandalika,” katanya. (Ant).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya