Malam Ini Diperkirakan Jadi Puncak Arus Natal di Pelabuhan Merak

Antrean kendaraan di Pelabuhan Merak.
Sumber :
  • VIVA/Yandi Deslatama

VIVA – Puncak perjalanan jelang Natal 2021 di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, diprediksi terjadi mulai Kamis malam ini hingga Jumat, 23-24 Desember 2021. Kenaikannya diperkirakan mencapai 10 persen dibandingkan hari biasa.

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan

"Mudah-mudahan kita juga ingin supaya ada lonjakan. Prediksi malam ini, prediksi itu 23-24, puncaknya tanggal 24. Bisa juga naik 10 persen lah," kata GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Hasan Lessy, dikantornya, Kamis 23 Desember 2021.

Sedangkan dalam satu pekan terakhir, kendaraan dan masyarakat yang menyeberangi Selat Sunda dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni, terjadi hari Sabtu-Minggu lalu, 18-19 Desember 2021.

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

Baca juga: Gagasan Gus Yahya Caketum PBNU: Menghidupkan Pemikiran Gus Dur

"Kalau kita lihat kemarin yang ramai weekend, Sabtu Minggu kemarin, sehingga kalau lonjakan demikian. Kalau hari biasa, (kepadatan penyeberangan) biasa," terangnya.

Bus dan Truk Padati Pelabuhan Bakauheni, Melonjak dibandingkan Sehari Sebelumnya

Secara umum, masyarakat yang menyeberang dari Pelabuhan Merak menuju Bakauheni belum menunjukkan kenaikkan. Terlihat dari penumpang perorangan turun 29 persen, jika kondisi normal sebanyak 27 ribu, kini baru 19 ribu.

Pelabuhan Penyeberangan Merak

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Kemudian total kendaraan yang menyeberangi, jika kondisi normal 6.891, kini baru 5.216 atau turun sekitar 11 persen.

"Saat ini kan belum normal, walaupun sudah memiliki vaksin. Tapi kan bepergian kemarin-kemarin cuaca ekstrem, sehingga (perjalanan dan sandar kapal) terjadi molor dari pada jadwal," jelasnya.

Berdasarkan pantauan di Pelabuhan Merak hingga pukul 21.00 wib, kepadatan kendaraan belum terlihat. Hanya beberapa truk dan bus yang akan menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya