Selesai Jalani Isoman, Arifin Tasrif Kembali Jadi Menteri ESDM

Menteri ESDM Arifin Tasrif
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya/Tangkapan layar

VIVA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, dikabarkan sudah kembali melakukan aktivitas usai sebelumnya dikabarkan tengah melakukan isolasi mandiri.

2 Juta Hektare Lahan di Merauke Bakal Jadi Perkebunan Tebu, Bahlil Jamin Hak Warga Lokal

Bahkan pada hari ini, Arifin disebut-sebut juga sudah kembali menggantikan Bahlil Lahadalia sebagai Menteri ESDM (ad interim), dan berencana menggelar sejumlah rapat bersama jajarannya di Kementerian ESDM.

"Bapak Menteri ESDM Arifin Tasrif sudah sehat sepenuhnya dan aktif kembali. Siang ini beliau ada rapat dengan Dirjen Migas, SKK Migas dan Sekjen," kata Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi dan Kerjasama Kementerian ESDM, Agung Pribadi, sebagaimana dikutip dari Antara, Senin 7 Februari 2022.

Prabowo Ingin RI Pakai BBM B100, Menteri ESDM Sebut Tahun Depan Baru B40

Baca juga: Erick Thohir Ingin 10.000 Unit Pertashop Pertamina Ada di Pelosok RI

Diketahui sebelumnya, dengan mengacu surat Menteri Sekretaris Negara tanggal 3 Februari 2022, Presiden Joko Widodo telah menunjuk Menteri Investasi/Kepala BKPM Bapak Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ad interim.

Oil and Gas Have Significant Role in Global Energy Transition, Minister Says

Saat itu, Menteri ESDM Arifin Tasrif dikabarkan tengah isolasi mandiri (isoman) akibat COVID-19. Bahkan pada 31 Januari 2022 lalu, Kementerian ESDM juga sempat menyampaikan kepada Komisi VII DPR RI bahwa Menteri ESDM tengah melakukan isolasi mandiri per tanggal 30 Januari 2022.

Karenanya, Kementerian ESDM pun juga memohon agar Rapat Kerja bersama Komisi VII DPR RI dapat dilakukan penjadwalan ulang sampai Arifin Tasrif pulih.

Bahlil Lahadalia menggelar rapat dengan pejabat di Kementerian ESDM.

Photo :
  • ANTARA/HO Kementerian Investasi/BKPM

Sebelumnya, Presiden Jokowi menunjuk Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ad Interim. Penunjukan ini juga telah dikonfirmasi oleh Staf Khusus Menteri Investasi, Tina Talisa. 

Menurut Tina, penunjukkan tersebut tertuang dalam surat dari Menteri Sekretariat Negara tertanggal 3 Februari 2022. Bahlil yang menjabat Kepala BKPM, kini untuk sementara memegang jabatan sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM. 

"Berdasarkan surat dari Menteri Sekretaris Negara tertanggal 3 Februari 2022, Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Investasi/Kepala BKPM Bapak Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ad interim," kata Tina dalam keterangannya, Jumat 4 Februari 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya