10 CEO Terkaya di Dunia, Kekayaannya Fantastis Bikin Melongo

Elon Musk Bersama Tesla Cybertruck.
Sumber :
  • The Verge.

VIVA – Forbes selalu merilis daftar orang terkaya di dunia. Para pengusaha dan CEO perusahaan menjadu langganan daftar orang kaya tersebut. Meski begitu, laporan Forbes membuktikan jika orang terkaya dunia memecahkan banyak rekor. Misalnya jumlah miliarder yang tahun ini mencapai 2755 orang.

Tegas Prabowo Subianto: Kalau Tidak Mau Diajak Kerja Sama, Jangan Ganggu

Selain itu jumlah kekayaan orang terkaya dunia naik menjadi US$13,1 triliun. Peningkatan ini berjumlah US$5 triliun dari sebelumnya sebanyak US$8 triliun.

Dari 10 nama teratas, sebagian besar berasal dari industri teknologi. Sebut saja Jeff Bezos dan Elon Musk berbagi di tempat paling atas orang terkaya di dunia tahun ini. Pendiri Amazon, Jeff Bezos memiliki kekayaan US$177 miliar atau Rp2.560 triliun. Elon Musk mengikuti di bagian belakang dengan pundi-pundi pendapatan senilai US$151 miliar Rp2.184 triliun.

Selain kedua nama itu adapula, pendiri Microsoft Bill Gates, pendiri Google Larry Page, dan chairman Oracle Larry Ellison. Tak lupa Bos Facebook, Mark Zuckerberg juga masuk jadi lima besar orang terkaya dunia versi Forbes tahun ini. Berikut daftar lengkap pengusaha dan CEO terkaya di dunia versi Forbes:

1. Jeff Bezos

Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main

Mantan fund manager Bezos memulai Amazon di garasinya pada tahun 1994. Bezos juga telah banyak berinvestasi dalam teknologi luar angkasa dan juga memiliki surat kabar The Washington Post.

Setelah mengundurkan diri sebagai CEO Amazon, ia mengambil peran baru sebagai ketua eksekutif pada perusahaan e-commerce tersebut. Kekayaan Jeff Bezos berkurang 613 juta dollar AS atau sekitar Rp 8,7 triliun (kurs Rp 14.200) dalam sehari pada Selasa (14/9/2021).

Taylor Swift Tolak Tawaran Manggung Rp 146 Miliar! Pilih Fokus ke Album Baru daripada Uang?

Meski demikian, ia tetap berstatus sebagai orang terkaya di dunia. Secara keseluruhan, berdasarkan data Real Time Billionaires Forbes, total kekayaan Jeff Bezos saat ini tercatat sebanyak 200,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2.844 triliun.

2. Elon Musk

Kekayaan Musk meningkat lebih dari USD126 miliar atau setara Rp1.825 triliun (mengacu kurs Rp14.485 per USD) hanya dalam satu tahun. IDXChannel - Setahun terakhir seluruh dunia terpana melihat kekayaan Founder dan CEO Tesla Elon Musk meningkat tajam.

Sebagai orang terkaya di dunia tahun 2021, kekayaan Elon Musk bersumber dari dua bisnis utamanya, yakni perusahaan mobil listrik otomatis Tesla dan perusahaan roket luar angkasa SpaceX. Elon Musk juga dikenal sebagai pendiri Neuralink dan pendiri The Boring Company.Elon Musk memiliki 23 persen saham Tesla. Total kekayaan Elon Musk saat ini ditaksir mencapai 311 miliar dollar AS atau sekitar Rp 4.488 triliun. Tidak heran jika dirinya menjadi orang terkaya di dunia tahun 2021.

3. Bernard Arnault

Kekayaan Bos Louis Vuitton Bernard Arnault terus naik sejak dia mengakuisisi 44% saham di merek konglomerat pada akhir 1980-an sebesar USD265 miliar pada saat ini. Menurut Forbes, hal tersebut sedikit lebih banyak dari kekayaan bersih Jeff Bezos yakni sekitar USD186 miliar.

Kenaikan saham LVMH sebesar 0,4% pada akhir Mei 2021, membuat kekayaan Arnault bertambah sebesar USD600 juta. Bernard mulai masuk dalam daftar 10 orang terkaya versi Forbes pada 2005. Kemudian pada 2018, dia naik ke posisi lima besar dan setahun kemudian ke posisi tiga besar dengan kekayaan mencapai USD76 miliar.

4. Bill Gates

Menurut Forbes, Bill Gates saat ini menempati urutan orang terkaya ke-4 di dunia dan memiliki sejumlah aset sebesar 124 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.793 triliun. Ia merupakan orang terkaya setelah Jeff Bezos, Elon Musk, dan Bernard Arnault. Setelah menikah dengan Melinda, Bill Gates menempati posisi teratas orang terkaya di dunia sejak 1995.

Kekayaan Bill Gates secara bersih berasal dari perusahaan yang didirikannya yakni Microsoft. Hingga saat ini, ia mendonasikan saham Microsoft senilai 35,8 miliar dollar AS kepada yayasannya Bill & Melinda Gates Foundation.

Harta kekayaannya lainnya ia dapatkan dari persuahaan yang bernama Cascade Investments, Gates Ventures dan beberapa saham diperusahaan. Cacade Investments merupakan perusahaan yang bergerak di bidang real estat, energi, perhotelan dan beberapa saham di berbagai perusahaan. Gates Ventures merupakan perusahaan ventura yang berinvestasi pada sektor produk dan jasa konsumen.

5. Mark Zuckerberg

Harta kekayaan Mark Zuckerberg per 31 Juli 2021 mencapai 128,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp 1,8 kuadriliun. Selama lockdown karena pandemi virus corona (Covid-19), Facebook menjadi salah satu alat komunikasi utama.

Zuckerberg memulai Facebook di Harvard pada 2004, saat usianya 19 tahun. Facebook digunakan bagi siswa untuk mencocokkan nama dengan foto sekelasnya. Saham Facebook pun naik 80 persen. Ini karena orang-orang masih menggunakan Facebook untuk berkomunikasi.

6. Warren Buffett

Harta kekayaan Warren Buffett, investor saham legendaris Amerika Serikat kini tembus US$100 miliar atau setara Rp1.440 triliun (kurs Rp14.400 per dolar AS). Jumlah harta ini membuat Buffett kini berada di posisi orang terkaya dunia nomor enam.

Sebelumnya, Buffett ada di peringkat ketujuh. Ia berada di bawah Zhong Shanshan, orang kaya dunia asal China yang memiliki Nongfu Spring. Tapi kini, Buffett sudah menyalip Shanshan dan berada tepat di belakang CEO Facebook Mark Zuckerberg.

Dalam catatan terakhir Bloomberg, harta Buffett naik sekitar US$13 miliar atau Rp187,2 triliun per awal tahun ini. Peningkatan terjadi karena saham dan nilai asuransinya melonjak. Salah satunya disumbang dari kepemilikan Buffett di saham Berkshire Hathaway. Tercatat, harga saham emiten berkode BRKA itu naik hampir 15 persen pada awal tahun dengan nilai kapitalisasi pasar lebih dari US$600 miliar, setara Rp8.640 triliun.

7. Larry Ellison

Larry Ellison saat ini tercatat sebagai orang terkaya ke-7 di dunia berdasarkan daftar Forbes. Pria dengan nama lengkap Lawrence Joseph Ellison ini adalah CTO & Founder, Oracle, sebuah perusahaan teknologi multinasional yang berbasis di Amerika Serikat.

Dikenal karena inovasi dan pemasaran yang agresif, perusahaan yang berganti nama menjadi Oracle Systems Corporation (kemudian Oracle Corporation) ini melakukan go public pada tahun 1986.

Pada tahun 1987, Oracle menjadi perusahaan manajemen database terbesar di dunia. Namun, pada tahun 1990, audit internal yang dilakukan setelah gugatan pemegang saham mengungkapkan bahwa Oracle telah melebih-lebihkan pendapatannya, dan saham perusahaan jatuh secara dramatis. Ellison merestrukturisasi manajemen Oracle, dan pada akhir tahun 1992 perusahaan telah kembali sehat secara finansial.

8. Larry Page

Larry Page juga masuk dalam orang terkaya Forbes tahun ini dengan peringkat diatasnya. Berada di urutan ke-8, kekayaannya US$91,5 miliar atau Rp1.323 triliun.

Larry Page juga sudah tidak bekerja untuk Alphabet, setelah melepaskan jabatan CEO per Desember 2019 lalu. Layaknya Sergey, dia juga masih menjadi bagian dari dewan serta pemegang saham pengendali di perusahaan.

9. Sergey Brin

Sergey Brin sebelumnya merupakan presiden dari induk usaha Google, Alphabet. Pada Desember 2019 dia memutuskan mundur dari jabatannya, namun masih menjadi pemegang saham pengendali dan bagian dari dewan di perusahaan. Tahun ini dia berada di peringkat 9 dalam laporan orang terkaya 2021 untuk Forbes. Kekayaannya senilai US$89 miliar atau Rp1.287 triliun.

10. Mukesh Ambani

Dalam laporan Forbes ini, kekayaan Muskesh diperkirakan senilai US$84,5 miliar atau setara dengan Rp1.222 triliun. Pria 63 tahun ini merupakan chairman dari Reliance Industries, perusahaan di bidang petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi, serta retail.

Pandemi juga tak menghentikan langkah Mukesh untuk mengumpulkan lebih dari US$20 miliar. Uang tersebut merupakan hasil penjualan sepertiga saham perusahaannya, Jio ke sejumlah investor seperti Facebook dan Google.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya