Erick Thohir: Terminal LNG Benoa Jaga Ketahanan Energi Bali

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menyambut positif proyek penataan dan pengoperasian Terminal Liquified Natural Gas (LNG) di Bali Maritime Tourism Hub (BMTH), Pelabuhan Benoa, Bali. Terminal LNG itu akan menjadi pendukung pemerintah dalam energi bersih di dalam negeri.

ASDP Angkut 26 Ribu Orang dan 125 Ribu Kendaraan pada Long Weekend Kenaikan Yesus Kristus

Erick mendorong project LNG BMTH agar dapat membangun ekosistem yang kuat, dalam menjadikan Indonesia sebagai negara yang mandiri dan berdaulat. 

"Relokasi dan peningkatan Terminal LNG ini merupakan upaya kita mewujudkan ketahanan energi nasional, utamanya dalam memenuhi kebutuhan listrik di Indonesia wilayah timur dan juga ketahanan pariwisata," kata Erick dalam keterangan tertulis, Selasa 29 Maret 2022.

Waskita Terancam Delisting dari BEI, OJK Buka-bukaan Kondisi Perusahaan

Baca juga: Dukung Jokowi 3 Periode, Aparatur Desa Gelar Deklarasi Habis Lebaran

Erick menyampaikan, penataan dan pengoperasian Terminal LNG BMTH juga merupakan upaya konkret dalam menjaga dan meningkatkan tren positif sektor pariwisata di Pulau Dewata tersebut. 

Ada Oxford United, 3 Klub Eropa Ini Melesat dengan Pemilik Konglomerat Indonesia

Sebagai negara kepulauan, lanjut Erick, Indonesia tidak hanya mengandalkan akses pariwisata melalui udara dan darat, melainkan juga akses melalui laut.

Oleh karena itu, BUMN melalui Pelindo akan menata ulang Pelabuhan Benoa ini, sehingga dapat disandari empat sampai lima kapal cruise. 

"Bali merupakan pusat wisata nasional dan BUMN akan menjadi bagian untuk menaikkan tingkat competitiveness Bali dan memastikan ekonomi di Bali tumbuh kembali," ujar Erick.

Sebagai bentuk keberpihakan terhadap produk lokal, Erick memastikan kawasan Benoa akan diisi UMKM dan brand lokal, serta akan meningkatkan fasilitas premium turis dengan membuat galangan untuk yacht. 

509 - Sebuah tugboat melintas di antara kapal yang diparkir di perairan Pelabuhan Benoa, Denpasar

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Erick yakin penataan Terminal LNG BMTH akan berkontribusi besar bagi para pelaku UMKM, dan terciptanya penambahan lapangan kerja baru yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Untuk mendukung pengembangan pariwisata, UMKM, dan lapangan kerja ini, diperlukan listrik. Di situlah kenapa kita membangun fasilitas energi di sini karena Bali masih memerlukan listrik, khususnya green energy," ujarnya.

Diketahui, sarana dan fasilitas Terminal LNG sendiri akan berdiri di lahan milik PT Pelindo di Pelabuhan Benoa. Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional, Pelindo terus melakukan penataan Pelabuhan Benoa sebagai Bali Maritime Tourism Hub (BMTH), sesuai dengan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No. 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional.

Di mana isinya berkaitan dengan upaya merelokasi Terminal LNG yang sebelumnya ada di sisi selatan Pelabuhan Benoa, ke area sisi utara BMTH di Pelabuhan Benoa. Sedangkan lokasi terminal LNG sebelumnya akan digunakan sebagai Zona Terminal Penumpang (Terminal 3 Cruise).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya