Awal Ramadhan, Harga Daging Tembus Rp160 Ribu Per Kg di Pasar Tomang

Harga Daging di Pasar Tomang Barat Naik.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito

VIVA – Awal bulan suci Ramadhan, harga daging sapi di pasar tradisional terpantau meroket, seperti halnya di pasar Tomang Barat, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Saat ini per kilonya sebesar Rp160 ribu.

Produk Baja Lapis RI Siap Ekspansi ke Pasar Konstruksi Australia

Sapudin (50 tahun) pedagang daging di pasar tersebut mengatakan naiknya harga daging menurutnya adalah karena faktor daging yang dari rumah pemotongan hewan (RPH) juga mengalami kenaikan.

Saludin mengatakan para pedagang juga mau tidak mau, harus ikuti kenaikan harga, jika tidak, tidak akan mendapat keuntungan dari berjualan daging.

Stabilitas Sistem Keuangan RI Kuartal I-2024 Terjaga, Sri Mulyani Wanti-wanti Ini 

Baca juga: Konsumsi BBM dan LPG Sumut Akan Naik Saat Ramadhan, Ini Kata Pertamina

"Dari RPHnya juga naik, mau tidak mau kita juga naik, kalo engga ya rugi," ujar Sapudin saat ditemui di pasar Tomang Barat Jakarta Barat, Minggu, 3 April 2022.

OJK Rilis POJK Atur Penyelesaian Transaksi Efek dan Short Selling hingga Ketentuan Sanksi

Sapudin mengatakan banyak dari rekan-rekannya yang juga sesama pedagang daging, tidak berjualan lantaran naiknya harga dari RPH. Terlihat banyak gerai yang jajakan daging kosong.

"Banyak yang nggak jualan. Liat aja tuh banyak yang kosong," ujarnya.

Ilustrasi/harga daging.

Photo :
  • VIVAnews/Fernando Randy

Akibat harga daging naik, pedagang juga mengeluhkan sepinya pembeli, naiknya harga daging sapi menjadi pembeli kurang minat.

"Sudah beberapa hari sepi pembeli karna memang harganya naik," ujarnya.

Dalam hal ini Sapudin mengharapkan perhatian pemerintahan mengenai kenaikan harga daging uang mungkin dapat kembali normal diangka Rp120 ribu perkilo.

"Kita harapkan perhatian pemerintah ya, untuk harga daging agar segera turun kembali ke Rp120 ribu per kilogram," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya